Cara Mengelola Uang Bulanan selama Pandemi

Cara Mengelola Uang Bulanan selama Pandemi Foto: Unsplash/Micheile Henderson

Semua orang tentu pernah mengalami fase sulit mengelola keuangan pribadi bahkan bagi orang yang bergaji jutaan rupiah. Ditambah lagi saat ini tengah masa resesi ekonomi akibat wabah virus Covid-19 yang merajalela. Maka dari itu, keahlian mengelola keuangan perlu dipelajari sejak dini dan keahlian ini akan berguna seumur hidup.

Direktur Interim Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Afifa berbagi tips dan saran untuk anak muda. Adapun, hal utama yang perlu dipersiapkan oleh anak muda untuk mengelola keuangan adalah meluangkan waktu untuk mendata keuangannya.

"Anda bisa mendata pemasukan, pengeluaran rutin, pengeluaran tidak terduga. Anda juga harus membuat tujuan keuangan, bisa juga dengan mulai menabung untuk dana darurat. Pengeluaran harus diperhatikan juga, sesuaikan gaya hidup kita dan tahan rasa ingin pamer yang akhirnya membuat kita terjerat ke dalam masalah keuangan," ujar Afifa dalam Webinar MAMI yang digelar pada Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Keuangan Sering Jebol? Coba 5 Tips Cerdas Finansial ala Miliarder Ini!

Afifa menjelaskan ada tiga kata kunci untuk mengelola keuangan, yakni Insaf, Irit, dan Invest. Insaf adalah mengerti kondisi keuangan Anda, Irit adalah tidak boros dalam melakukan pengeluaran, dan Invest ialah menyisihkan keuangan untuk ditabung untuk berbagai tujuan.

"Ada beberapa kunci untuk irit. Seperti lawan peer pressure, hindari kebiasaan makan mewah, bedakan keinginan dan kebutuhan, manfaatkan promo atau diskon pelajar, buat budgeting, dan patuhi budgeting tersebut," ucap Afifa.

Terdapat juga beberapa platform gratis yang disediakan di smartphone yang bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan Anda, dengan mencatat ini semua maka akan terlihat gaya keuangan dan Anda bisa belajar dari apa yang sudah dicatatkan. Apakah pengeluaran terlalu boros, apakah terlalu sering membeli kopi di kedai mahal?

Untuk tabungan, Anda bisa menabung minimal 10 persen terlebih dahulu baru menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Biasakan menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung maka uang ini nantinya akan menyelamatkan Anda.

"Kunci dari investasi adalah Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda untuk ditabung, pahami kekuatan bunga majemuk dan pelajari opsi menabung dan investasi," kata Afifa.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini