Saka Energi Janji Rampungkan Proyek Migas Sidayu dan Pangkah Akhir 2020

Saka Energi Janji Rampungkan Proyek Migas Sidayu dan Pangkah Akhir 2020 Foto: PGN

PT Saka Energi Indonesia sebagai anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) di bidang hulu minyak dan gas bumi, tetap menjalankan dua proyek pengembangan lapangan baru, yaitu Lapangan Sidayu dan Lapangan West Pangkah.

Pjs Direktur Utama PGN SAKA, Susmono Soetrisno mengatakan, PGN SAKA tetap berkomitmen untuk melaksanakan pengembangan Lapangan West Pangkah dan Sidayu di tengah turunnya harga minyak dunia dan pandemi Covid-19.

"Salah satu upaya yang dilakukan oleh PGN SAKA adalah mempersiapkan strategi pengembangan (pengeboran) sumur yang paling tepat untuk meningkatkan keekonomian proyek. Kami optimis dengan strategi pengembangan yang tepat, pelaksanaan proyek West Pangkah dan Sidayu dapat memberikan kontribusi positif terhadap keuangan perusahaan dan negara," ujar Susmono, Jumat, (18/9/2020).

Baca Juga: Erick & Ahok Bicara Empat Mata, Buka-bukaan Borok Pertamina, Apa Isinya?

Baca Juga: Patuh ke Erick Thohir, Anak Usaha Pertamina Janji Jaga Kepuasan Pelanggan

Lapangan Sidayu akan dikembangkan dengan tiga sumur produksi, dengan produksi minyak sekitar 7 ribu barel per hari (bph) dan 3,9 juta kaki kubik (MMSCFD). Lapangan tersebut berlokasi sekitar 7 km dari Lapangan Utama Pangkah, hasil produksi migasnya akan terhubung dengan fasilitas produksi yang ada, melalui pipa bawah laut.

Adapun perkembangan Proyek Sidayu secara keseluruhan, saat ini telah mencapai sekitar 40 persen. EPCI contractor masih melanjutkan konstruksi pembangunan dua unit platform WHPC dan WHPD. Target penyelesaian kontrak EPCI kedua platform Sidayu yang didesain sendiri oleh tim PGN SAKA tersebut, diusahakan pada akhir 2020.

PGN tetap berupaya agar Lapangan Sidayu dapat menghasilkan Minyak perdana pada pertengahan 2021.

Perkembangan proyek West Pangkah, secara keseluruhan telah mencapai sekitar 82 persen. Untuk operasional di lapangan, sedang menyelesaikan pekerjaan fisik, seperti penyelesaian landasan pengeboran (wellpad), pekerjaan konstruksi fasilitas pengolahan dengan kegiatan fabrikasi berlangsung paralel di dua lokasi, di Balaraja dan Handil milik rekanan yang telah ditunjuk, serta pekerjaan pemasangan pipa bawah laut.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini