Erdogan Me-Roasting Habis Yunani, Dibilang...

Erdogan Me-Roasting Habis Yunani, Dibilang... Foto: Reuters

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali me-roasting atau mengejek pemerintah Yunani atas konflik soal pelanggaran kedaulatan Turki. Presiden Turki ke-12 itu kembali menantang Yunani untuk menyelesaikan konflik sengketa wilayah di Laut Mediterania Timur.

"Yunani provikatif dan berperilaku kekanak-kanakan, sementara politisinya kurang bermartabat terhadap hak-hak kami. Terlepas dari perilaku kekakan-kanakan Yunani," kata Erdogan.

Dalam sejumlah berita sebelumnya, VIVA Militer melaporkan perkembangan konflik sengketa wilayah yang melibatkan Turki dan Yunani. Tak hanya kedua negara, Yunani mendapat dukungan penuh dari Siprus, Prancis, Italia, dan sejumlah negara Uni Eropa (UE).

Baca Juga: Jawab Merkel, Erdogan Akui Kapalnya Gak Berhenti Lakukan Operasi

Sikap Yunani dianggap Erdogan sangat provokatif. Bagaimana tidak, para pejabat tinggi dan delegasi Yunani secara berkelanjutan menyerukan sikap anti-Turki kepada sejumlah negara, terutama anggota Uni Eropa. Sikap Yunani itu dianggap Erdogan kekakan-kanakan.

Erdogan kembali menegaskan, wilayah perairan Turki adalah yang terbesar di Laut Mediterania dan dengan segala cara akan mempertahankan wilayahnya. Jika Yunani terus melakukan tindakan provokatif, maka Erdogan mengancam akan melancarkan serangan militer terhadap Yunani.

"Kami membela hak-hak negara kami yang sah dan Republik Siprus Turki di Mediterania Timur. Kami tidak akan mengizinkan siapa pun untuk membatasi negara kami, yang memiliki garis pantai terbesar di (Laut) Mediterania," ujar Erdogan dikutip VIVA Militer dari Orthodox Times.

Yunani mengklaim tindakan Turki mengerahkan kapal penelitian Oruc Reis untuk melakukan eksplorasi minyak dan gas di Laut Aegea, melanggar kedaulatannya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini