Emiten Telekomunikasi Untung Besar saat Pandemi? Eits... Lihat Dulu Faktanya

Emiten Telekomunikasi Untung Besar saat Pandemi? Eits... Lihat Dulu Faktanya Foto: Antara/Reno Esnir

Pandemi virus corona mengharuskan semua aktivitas mulai dari kerja, belajar hingga ibadah dilakukan di rumah. Tujuannya agar menghindari kerumunan yang bisa menyebar virus corona.

Dengan berkegiatan di rumah, aktivitas dijalani dengan online. Work from Home (WFH) dan School from Home (SFH) meningkatkan penggunaan data internet.

Baca Juga: Laba HM Sampoerna hingga Gudang Garam Terbakar, Siapa Emiten Rokok Paling Ambyar?

Sektor telekomunikasi pun menjadi salah satu sektor yang seharusnya mendapat katalis positif di tengah pandemi ini. Bahkan, dalam data BPS, pada triwulan II 2020 secara kuartal, sektor infokom mengalami peningkatan sebesar 3,44%.

Hal ini menjadi sesuatu yang wajar karena peningkatan penggunaan data tadi. Demikian dilansir dari riset Lifepal, Rabu (16/9/2020).

Namun demikian, kinerja saham emiten-emiten pada subsektor telekomunikasi bergerak di bawah performa indeks Infrastructures, Utilities, and Transportation. Sebaliknya, ada yang performanya di atas performa indeks tersebut.

Tak hanya harga saham emiten telekomunikasi, Lifepal juga membandingkan bagaimana penjualan dan keuntungan perusahaan-perusahaan telekomunikasi tersebut.

Secara umum, indeks Infrastructure, Utilities, and Transportation, di mana di dalamnya terdapat subsektor energy, toll road, telecommunications, transportations, dan non building construction di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penurunan. Kinerja indeks pun terlihat masih berada di bawah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini