Apa Itu Red Ocean?

Apa Itu Red Ocean? Foto: Unsplash/Akson

Red Ocean adalah suatu strategi yang menggambarkan persaingan bisnis yang ada saat ini dan ruang pasar yang sudah dikenal sehingga persaingan sangat ketat dan kompetitif.

Di dalam Red Ocean, batasan-batasan dalam industri telah didefinisikan dan diterima oleh para pelaku bisnis. Di sini, perusahaan berusaha mengalahkan lawan mereka demi mendapatkan permintaan dari pangsa pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Apa Itu Blue Ocean?

Red Ocean melibatkan persaingan dalam industri yang telah ada sehingga sering kali membutuhkan tingkat persaingan yang ketat dan dapat melibatkan komoditisasi industri di mana perusahaan bersaing terutama pada harga. Untuk strategi ini, tujuan utamanya adalah untuk mengalahkan persaingan dan memanfaatkan permintaan yang ada.

Salah satu industri yang memerlukan strategi Red Ocean adalah industri minuman ringan. Industri ini sudah ada sejak lama, dan ada banyak hambatan untuk masuk ke dalamnya. Hingga kini terdapat raksasa industri seperti Coke dan Pepsi, dan ada juga banyak perusahaan kecil yang juga bersaing memperebutkan pangsa pasar.

Ruang dan tempat penjualan juga terbatas, pengenalan merek yang mapan atas merek-merek populer dan terkini, serta banyak faktor lain yang memengaruhi persaingan. Hal ini menyebabkan industri minuman ringan menjadi sangat kompetitif untuk masuk dan berhasil.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini