Apa Itu Blue Ocean?

Apa Itu Blue Ocean? Foto: Unsplash/Bruce Mars

Blue Ocean adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari Red Ocean persaingan berdarah dengan menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan.

Blue Ocean menciptakan permintaan alih-alih diperebutkan. Ada banyak peluang untuk pertumbuhan yang menguntungkan dan juga cepat.

Baca Juga: Apa Itu Saham Defensif?

Di Blue Ocean juga persaingan tidak relevan karena aturan permainan sedang menunggu untuk ditetapkan. Blue ocean adalah analogi untuk menggambarkan potensi yang lebih luas dan lebih dalam yang dapat ditemukan di ruang pasar yang belum dijelajahi. Blue ocean sangat luas, dalam, dan kuat dalam hal pertumbuhan yang menguntungkan.

Contohnya ponsel BlackBerry, secara fungsional sama dengan ponsel yang lain, bahkan cenderung lebih minimalis dibanding ponsel lainya. Namun BlackBerry menerapkan Blue Ocean pada sisi messenger dengan mengusung BBM (BlackBerry Messenger). 

Sehingga, persaingan sesama produsen handphone yang terjadi saat itu menjadi tidak berarti. Pasar sangat antusias dalam merespon produk-produk BlackBerry sehingga permintaan menjadi sangat tinggi, terutama di Indonesia. Meski demikian, strategi Blue Ocean jarang berkaitan dengan inovasi teknologi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini