PPI Komitmen Suplai Bahan Pangan ke E-Warong

PPI Komitmen Suplai Bahan Pangan ke E-Warong Foto: Unsplash/nicotitto

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI berkomitmen memastikan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan kepada Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong). E-Warong merupakan bantuan program pemberdayaan masyarakat dari Kementerian Sosial.

E-Warong merupakan warung yang sudah bekerja sama dengan bank yang ditunjuk pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial pangan.

Baca Juga: Wamendag Ajak PPI Kolaborasi Perluas Ekspor

"PPI menjadi supplier sembako empat E-Warong di wilayah Solo dengan cakupan sekitar 3400-an KPM (keluarga penerima manfaat)," kata Direktur Utama PPI, Fasika Khaerul Zaman, beberapa hari lalu.

Fasika mendengarkan langsung cerita dari warga yang tergabung dalam pengelola E-Warong yang anggotanya dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) yang membuka toko kelontong di lokasi yang dekat dengan pemukiman warga.

Fasika bersyukur PPI termasuk dalam kriteria pemasok yang dapat diandalkan untuk menyediakan produk bahan pangan yang secara konsisten berkualitas dengan harga yang kompetitif kepada E-Warong.

PPI lanjut Fasika juga dapat memastikan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan kepada E-Warong agar E-Warong dapat memastikan harga, kualitas, dan jumlah pasokan bahan pangan terjamin serta memenuhi prinsip program.

Fasika menyebutkan, E-Warong melayani transaksi pembelian bahan pangan pokok bersubsidi, gas LPG 3 kg, pembayaran listrik, pupuk, serta program subsidi lainnya. Harga bahan pangan yang dijual melalui E-Warong cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

"Tentu saja PPI ingin selalu berpartisipasi untuk dapat membantu meringankan beban pengeluaran keluarga miskin dan membantu pengentasan kemiskinan. Saya juga melihat transaksi nontunai melalui E-Warong ini sangat baik untuk pelan-pelan mewujudkan cashless society," pungkas Fasika.

E-Warong merupakan warung yang sudah bekerja sama dengan bank yang ditunjuk pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial pangan. Setiap pembeli mengantre untuk digesekkan kartu transaksinya.

Yang digunakan adalah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai uang elektronik, mirip kartu ATM salah satu bank yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan sosial pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kemensos.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini