Corona Hantam Finansial Klub Senilai Rp200 Triliun Lebih

Corona Hantam Finansial Klub Senilai Rp200 Triliun Lebih Foto: Antara/REUTERS/Michael Dalder

Pandemi Covid-19 menggerogoti finansial klub sepak bola di seluruh dunia hingga USD14 miliar atau setara Rp207 triliun tahun 2020. Nilai kerugian itu sekitar sepertiga dari nilai keseluruhannya.

Olli Rehn, Kepala Komite FIFA memperkirakan nilai pertandingan setara dengan USD40 miliar (Rp592 triliun) hingga USD45 miliar (Rp666 triliun) di seluruh dunia.

Baca Juga: Ujian UMKM di Tengah Pandemi, Aktivasi dan Optimasi Digitalisasi

Rehn mengatakan angka USD14 miliar didasarkan pada skenario saat ini, di mana sepak bola perlahan dimulai kembali setelah tiga bulan dihentikan awal tahun ini. Tapi, itu akan menjadi berbeda jika pandemi tidak berhenti.

"Sepak bola sangat terpukul oleh pandemi virus corona," kata Rehn.

“Ini telah menciptakan banyak kekacauan di level yang berbeda, dengan sejumlah klub profesional menghadapi kesulitan yang sangat serius. Saya juga sangat prihatin dengan akademi muda dan klub divisi bawah."

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini