Bukan Flu atau Batuk, Gejala Covid-19 Ini yang Paling Khas

Bukan Flu atau Batuk, Gejala Covid-19 Ini yang Paling Khas Foto: Antara/M Agung Rajasa

Gejala infeksi virus corona atau Covid-19 dengan flu biasa, memang sangat mirip karena disebabkan oleh jenis virus yang serupa. Namun, virus corona tentu jauh lebih berbahaya bagi tubuh manusia dibanding flu biasa.

Deteksi dini adalah salah satu cara untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi. Untuk itu, mengetahui perbedaan gejala antara keduanya tentu sangat penting, karena dapat menjadi kunci untuk mencegah atau mengobati Covid-19 sejak dini dan melindungi kamu dari risiko infeksi parah.

Dilansir Times of India, Rabu (16/9/2020), para ahli percaya bahwa diagnosis bermuara pada satu gejala sederhana, yaitu indera penciuman kamu. Seperti gejala virus corona lainnya, hilangnya penciuman dan rasa, baik ringan atau parah, tidak boleh dianggap enteng.

Baca Juga: Luhut Diperintah Beresin Covid-19, Ahli Tolak Mentah-mentah: LBP Bukan Superman!

Anosmia atau hilangnya rasa dan penciuman secara tiba-tiba adalah gejala Covid-19 yang khas, yang jarang terlihat pada infeksi virus lainnya. Viral load di saluran pernapasan bagian atas ini dapat memicu hilangnya indera perasa pada pasien dan merupakan salah satu dari enam cara Covid-19 memengaruhi kamu. 

Sebuah studi JAMA berskala besar yang dilakukan pada Mei 2020, menemukan bahwa hampir 60 persen dari catatan pasien menderita kehilangan penciuman, karena virus mulai menyerang indra penciuman dan memblokir fungsi vitalnya untuk sementara. 

Kehilangan penciuman juga dapat terlihat pada pasien yang memiliki gejala atipikal atau asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG). Orang yang mengalami gangguan indera penciuman, dapat bertindak sebagai pembawa tanpa gejala dan menularkan penyakit, yang meningkatkan risiko infeksi.

Kehilangan penciuman adalah tanda-tanda Covid-19, tetapi juga jarang terlihat pada orang yang memiliki kasus flu akut. Namun, dalam kasus Covid-19, bisa menjadi lebih parah dan mendalam. Lebih dari itu, tidak seperti gejala flu biasa, hilangnya indera penciuman dan perasa dapat terjadi tanpa adanya hidung tersumbat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini