Indonesia Menuju Negara Besar, Dikit Lagi Kalahkan Negeri K-Pop

Indonesia Menuju Negara Besar, Dikit Lagi Kalahkan Negeri K-Pop Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Pemerintah optimistis Indonesia bisa keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi virus Covid-19 karena sudah punya modal. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, negara-negara yang diprediksi tumbuh pesat ekonominya adalah negara dengan penduduk kelas menengah atau middle income class. Adapun kelas penduduk menengah di Indonesia cukup banyak dan mulai menyusul Korea Selatan.

"Kalau lihat data secara demografi jumlah middle income class kita terus tumbuh dari 7% ke 20% dan total 52 juta middle income di Indonesia. Ini sangat menarik, kalau kita gambarkan dari 237 juta itu ada 52 juta middle income. Dibandingkan negara lainnya penduduk Korea Selatan itu hanya 55 juta, lalu Afrika Selatan itu mencapai 56 juta, bahkan Spanyol 46 juta," kata Erick Thohir dalam sebuah webinar di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Indonesia Bakal Gantikan China!

Baca Juga: Sri Mulyani Mau Tarik Pajak Raksasa-raksasa Digital, Eh AS Malah Ngambek

Dia melanjutkan jika penduduk kelas menengah atau middle income class meningkat, maka ekonomi Indonesia bisa tumbuh. Adapun diperkirakan penduduk kelas menengah di Indonesia diyakini akan terus bertambah hingga mencapai 90 juta penduduk.

"Kalau total penduduk kita 237 juta dan middle income kita sepertiganya, maka middle income bisa mencapai 90 juta. Jadi kita punya market yang besar, bahkan lebih besar dan akan jadi negara besar," jelasnya.

Sambung Erick menekankan, tidak hanya pertumbuhan kelas menengah, tetapi di sisi lain saat ini angka kemiskinan juga terus menurun. Untuk itu memperkuat fundamental ekonomi akan terus dilakukan untuk menjadi kuat dalam menjadi negara yang besar.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini