Trump Tepati Janji, Ratusan Ventilator Tiba Lagi di Indonesia

Trump Tepati Janji, Ratusan Ventilator Tiba Lagi di Indonesia Foto: Antara/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool

Amerika Serikat (AS) kembali mengirimkan 400 ventilator ke Indonesia, sebagai bagian dari janji Presiden AS, Donald Trump kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo. Trump berjanji mengirimkan total 1.000 ventilator ke Indonesia.

“Donasi ini melengkapi upaya berkelanjutan pemerintah Indonesia untuk memerangi Covid-19," ucap Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Amerika Serikat Heather Variava, dalam siaran pers yang diterima pada Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Jabar Terima Donasi Ventilator Mekanik untuk Penanganan Covid-19

"Ini menunjukkan kelanjutan komitmen AS untuk memimpin respons global terhadap krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini - di dalam negeri dan di seluruh dunia, bersama dengan teman-teman dan sekutu kami,” sambungnya.

400 ventilator tersebut telah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah AS, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), akan terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk memfasilitasi distribusi ventilator ke 34 provinsi serta memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang tepat.

Selain ventilator, AS juga telah menggelontorkan dana sebesar 11 juta dolar AS atau 187 miliar Rupiah dalam membantu perjuangan melawan Covid-19 di Indonesia.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini