Moratelindo Mulai Proyek Saluran Kabel Serat Optik di Semarang

Moratelindo Mulai Proyek Saluran Kabel Serat Optik di Semarang Foto: Sufri Yuliardi

PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) melalui KSO BPS-Moratelindo yang melibatkan PT Bhumi Pandanaran Sejahtera (Perseroda) memulai pembangunan proyek pelayanan publik, saluran serat optik dan menara telekomunikasi seluler bersama. Pembangunan ini sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Pelayanan Publik Prasarana Pasif Telekomunikasi Kota Semarang pada 31 Januari 2020. Baca Juga: Proyek Jaringan Gas Rumah Tangga PGN Capai 73,8%

Pengerjaan proyek perdana ini dilakukan di ruas Jalan Pemuda. Peletakan batu pertama dilakukan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Kepala KSO BPS-Moratelindo, Resi Y. Bramani. Proyek tersebut menandai babak baru Moratelindo dalam mendukung dan mewujudkan infrastruktur perkotaan yang indah, berestetika, dan dekat dengan teknologi. 

“Langkah ini sebagai upaya untuk terwujudnya kota tanpa kabel," ucap Hendrar dalam keterangan resminya, Rabu (16/9/2020).

Kerja sama dengan Perseroda, lanjut Hendrar, dimulai dengan penyediaan saluran beton bertulang penampang huruf U atau U-ditch dan makroduct. Saluran itu berguna untuk menempatkan kabel serat optik para telekomunikasi. Dengan saluran ini, kabel serat optik tidak lagi bergelantungan di tiang-tiang dan mengotori estetika.

Sementara, dalam kegiatan groundbreaking pembangunan U-Ducting, Hendrar mengatakan pemerintah Kota Semarang akan melakukan penutupan jalan mulai tanggal 14 September pukul 23.00 WIB sampai dengan 16 September pukul 24.00 WIB. Rute yang akan ditutup mulai dari Jalan Pemuda menuju Imam Bonjol dan lampu merah menuju Jalan Siliwangi. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini