Hasil Survei Capres Terbaru: Anies Dibuat Keok, Giring Si Pendatang Baru Top!

Hasil Survei Capres Terbaru: Anies Dibuat Keok, Giring Si Pendatang Baru Top! Foto: Antara/Arindra Meodia

Polmatrix Indonesia merilis hasil survei terbaru Capres 2024. Dalam hasil surveinya, menunjukkan adanya pergergeseran dan kejutan yang dinamis di posisi tiga besar yang masih dihuni wajah-wajah lama.

Dalam rilis yang diterima, Rabu (16/9/2020), survei teratas, masih ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan sebesar 18,5 persen. Baca Juga: IHSG Rontok, Pak Prabowo Harus Jadikan Wagub Riza Gubernur, Ganti Si Anies

Kemudian, urutan selanjutnya, ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,9 persen di posisi kedua.

Ketiga, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengalami kenaikan signifikan, dari 7,9 persen di bulan Mei, kini menjadi 11,1 persen. Baca Juga: Giring PSI Siapkan Proyek Kolaborasi Bareng Anak Ahmad Dhani

Kemudian, uniknya, Ridwan Kamil tersebut menyalip Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang justru anjlok, dari sebelumnya mendapat 12,8 persen dukungan publik, kini hanya 10,6 persen.

Ini menunjukkan konfigurasi baru pertarungan elite politik yang menampilkan tiga besar menuju Pilpres 2024. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto.

“Yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil,” ungkapnya.

Kemudian, yang menjadi menarik adalah, kenaikan elektabilitas Kang Emil sapaan Gubernur Jabar ini yang menggeser posisi Anies.

Sebab, keduanya adalah kepala daerah yang bertetangga dan sama-sama menghadapi krisis wabah Covid-19.

Padahal, penurunan elektabilitas juga dialami Gubernur Jawa Timur Khofofah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Khofifah turun dari 5,6 persen menjadi 5,2 persen, sedangkan Risma merosot dari 3,0 persen menjadi hanya 1,6 persen.

Kemudian, sejumlah figur tak mengalami banyak perubahan. Seperti Sandiaga Uno (8,6 persen menjadi 8,4 persen) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (2,7 persen menjadi 2,5 persen).

Bahkan, untuk dari kalangan menteri, ada Menteri BUMN Erick Thohir (3,6 persen menjadi 1,2 persen) dan Menko Polhukam Mahfud MD (1,6 persen menjadi 1,0 persen).

Dan yang menjadi menarik adalah, munculnya Giring Ganesha yang mampu menembus 8 besar. “Giring menjadi figur baru yang berhasil mencuri perhatian publik dengan mengantongi elektabilitas 1,6 persen, menempatkan pada posisi 8 besar,” ungkap Dendik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini