Dewi Muliaty, Wanita RI yang Masuk Daftar 25 Pengusaha Wanita Berpengaruh di Asia-Pasifik

Dewi Muliaty, Wanita RI yang Masuk Daftar 25 Pengusaha Wanita Berpengaruh di Asia-Pasifik Foto: Tanayastri Dini Isna

Forbes mengeluarkan daftar 25 nama pengusaha wanita yang memiliki pengaruh besar di kawasan Asia-Pasifik. Ada dua wanita asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Salah satu bernama Dewi Muliaty. Wanita 57 tahun tersebut merupakan Presiden Director Prodia Widyahusada.

Lantas siapa sosok Dewi Muliaty sebenarnya? Mengapa sosoknya bisa masuk ke dalam 25 pebisnis wanita yang memiliki pengaruh di kawasan Asia-Pasifik?

Baca Juga: Siapa Sosok DK yang Terseret Kasus Suap Jaksa Pinangki

Mengutip dari Forbes, Selasa (15/9/2020), awal kisah kesuksesan Muliaty adalah ketika dirinya sedang mencoba mendapatkan izin apoteker. Ketika itu, profesornya, Andi Wijaya, salah satu pendiri operator laboratorium klinis (penjualan) terbesar di Indonesia, mempekerjakannya pada 1988 sebagai asisten manajer.

Dua dekade kemudian, dirinya menjadi Presiden Direktur dan memimpin ekspansi nasional yang meningkatkan jumlah klinik Prodia dari 107 pada 2010 menjadi 285 klinik hingga saat ini. Dirinya juga meningkatkan pengujian untuk gangguan autoimun dan penyakit lainnya, yang menyumbang hampir seperlima dari pendapatan tahun lalu.

Namun, bisnisnya sempat mengalami penurunan penjualan pada paruh pertama tahun ini hingga 18% atau menjadi Rp657 miliar.

Kemudian, Muliaty beralih untuk menawarkan pengujian Covid-19 yang cepat yang dapat dilakukan dengan cara drive-through dan nanti hasilnya akan diposting atau dikirimkan via online.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini