Erick Thohir: Alhamdulillah Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Erick Thohir: Alhamdulillah Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan Foto: Sufri Yuliardi

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyampaikan, BUMN farmasi PT Kimia Farma sudah dapat memproduksi Avigan.

Avigan sendiri biasanya diberikan kepada pasien Covid-19 dan sampai saat ini pengadaan Avigan masih diimpor dari Jepang.

Baca Juga: Banyak Orang Kehilangan Pekerjaan, Erick Thohir Pastikan Perpanjang BLT

"Terapi penyembuhan (Covid-19) terus berlanjut. Alhamdulillah kemarin Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan yang selama ini impor, masuk kategori Favipiravir," ujar Erick dalam tayangan virtual, Selasa (15/9/2020).

Erick menuturkan, tentunya dengan kemampuan Kimia Farma memproduksi Avigan, harapannya Indonesia tidak akan ketergantungan impor obat tersebut ke Jepang lagi.

"Sekarang sudah bisa buat sendiri karena kita tidak mau terus bergantung kepada bahan baku impor," ujar mantan bos Inter Milan tersebut.

Di samping obat-obatan kimia, Erick juga bilang pihaknya melalui BUMN farmasi terus meriset obat herbal yang dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19.

"Kita terus lanjutkan, bagaimana riset-riset kepada herbal yang bisa membantu. Karena itu, kita spin off yang namanya Indofarma fokus herbal, Kimia Farma untuk Kimia, dan Bio Farma yang fokus kepada ininya semua," tutur Erick.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini