Walikota Depok Ungkap ICU Penuh dan Kekhawatiran Masuk Zona Hitam

Walikota Depok Ungkap ICU Penuh dan Kekhawatiran Masuk Zona Hitam Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan penyebaran Covid-19 di Depok saat ini tak terkendali. Pada hari ini, Idris mengumumkan 93 RW berstatus zona merah dan semua ruang intensive care unit (ICU) di 10 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 terisi penuh.

"Penyebaran Covid-19 terus meningkat tak terkendali dan Kota Depok bisa saja dari zona merah masuk ke zona hitam. Jangan sampai terjadi, untuk itu perlu kerja sama seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan," ujar Idris, Selasa (15/9).

Baca Juga: Ambulance Antri Mengular di RS Darurat Wisma Atlet, Banyak yang Cari Ruang Perawatan

Idris membenarkan, bahwa saat ini sebanyak 93 RW dari 924 RW di Kota Depok masuk dalam zona merah Covid-19. RW yang masuk zona merah harus melakukan pembatasan sosial kampung siaga (PSKS).

"RW yang masuk zona merah karena tercatat ada dua orang yang isolasi mandiri Covid-19," ujar Idris.

Idris mengungkapkan, berdasarkan Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/335/Kpts/Dinkes/Huk/2020, RW zona merah paling banyak berada di Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Cimanggis. Menurutnya, penyebaran Covid-19 di Kota Depok terus meningkat.

Idris juga mengumumkan, kapasitas 10 RS rujukan pasien Covid-19 sudah hampir penuh di atas 80 persen. Keadaan darurat bahkan terjadi di bagian ICU.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini