KPK Ingatkan Cakada dari PDIP Tak Tergiur Suap dan Korup

KPK Ingatkan Cakada dari PDIP Tak Tergiur Suap dan Korup Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengingatkan kepada para calon kepala daerah (cakada) dari PDI Perjuangan ketika terpilih nanti untuk menjauhi tindakan tercela, seperti korupsi.

 "Kami harap anda semua menjadi pemimpin yang amanah, benar-benar bekerja untuk masyarakat, dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela utamanya perbuatan korupsi," kata Alexander Marwata saat menjadi narasumber dalam Sekolah Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan gelombang III yang digelar secara virtual, di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Dana Covid Triliunan, Golkar Minta BPK dan KPK Kuliti Anies Baswedan

Pada acara tersebut, hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto bersama 212 peserta dengan rincian 28 kader dan 184 non-kader. Alexander menyampaikan ada kata kunci yang mudah diingat para calon kepala daerah PDIP ketika terpilih sebagai kepala daerah. Ia menyebutnya sebagai "4 No", yakni "No Bribery" atau tidak boleh menyuap atau menerima suap. 

Kedua adalah "No Kickback" atau tidak boleh menerima atau mengharapkan imbal balik atas kebijakan atau keputusannya. Ketiga adalah "No Gift" atau tidak boleh menerima hadiah ataupun gratifikasi dalam bentuk apapun.

Keempat adalah "No Luxurious Hospitality" atau tidak boleh menjamu atau menerima jamuan sebagai tamu yang berlebihan.

"Jika anda ikuti '4 No' ini, saya yakin anda akan aman selama menjabat, tidak perlu khawatir dan takut membuat keputusan," kata Alexander seperti dikutip dalam siaran persnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini