Nakes dan Dokter Mogok Kerja karena Tunjangan Belum Cair

Nakes dan Dokter Mogok Kerja karena Tunjangan Belum Cair Foto: Twitter/UgKatchUp

Saat kondisi kasus corona makin mengkhawatirkan, para tenaga kesehatan (nakes) di Nigeria turun ke jalan untuk menuntut pembayaran tunjangan khusus penanganan pasien COVID-19 dalam sebuah aksi unjuk rasa.

Mereka juga sempat memutuskan mogok kerja selama seminggu akibat tunjangan tak cair. Serikat gabungan petugas medis negara itu, Joint Health Service Unions (JOHESU), yang mewakili beragam profesi medis seperti perawat, bidan, dan radiolog, menyebut bahwa aksi yang dilakukan mulai Senin (14/9) itu akan digelar selama tujuh hari.

Baca Juga: Kasus Corona di Yogya Ada Penambahan 1.895 Kasus

Sementara itu para dokter di Nigeria, bagaimanapun, akan tetap lanjut bekerja. Tuntutan dari serikat tersebut, antara lain asuransi jiwa bagi para anggotanya, akses penuh terhadap alat pelindung diri, dan penyesuaian struktur pembayaran. JOHESU menyebut pihaknya akan menggelar unjuk rasa terus-menerus jika tuntutan saat ini tidak disetujui hingga pekan depan.

Menteri Kesehatan Osagie Ehanire, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin malam sebagai bagian dari arahan gugus tugas pemerintah atas wabah corona, mendesak para petugas kesehatan untuk menghentikan pemogokan kerja mereka.

"Isu terkait tunjangan adalah suatu hal yang multisektor dan selalu diselesaikan dengan negosiasi, tidak peduli seberapa lama itu dilakukan," kata Ehanire.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini