Oh Ternyata Gender Reveal Party yang Picu Kebakaran Dahsyat AS

Oh Ternyata Gender Reveal Party yang Picu Kebakaran Dahsyat AS Foto: Reuters/AAP Image/Darren Pateman

Kebakaran hutan di salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS), California telah memberanguskan lebih dari 7.000 hektare lahan dalam dua hari sejak awal pekan lalu.

Salah satu pemicu kebakaran besar di timur Los Angeles adalah kembang api di pesta pengungkapan gender atau gender reveal party. Para pakar internet sudah geram soal pesta pengungkapan bayi ini.

Baca Juga: Kebakaran Hutan 2020 Menurun, Semua Pihak Diminta Tetap Waspada

"Pengungkap jenis kelamin bayi dengan menabrakkan kapal tanker penuh minyak merah muda ke terumbu karang yang rapuh," cicit sinis salah satu pengguna Twitter.

Sementara pengguna media sosial lain mengungkapkan kemarahan atas keputusan masing-masing orang untuk menjadi tuan rumah pesta-pesta tersebut. Padahal tengah terjadi krisis kesehatan global dan musim kebakaran paling dahsyat dalam sejarah modern.

Dari sejarah munculnya, pesta pengungkapan jenis kelamin telah memecah belah orang Amerika selama hampir belasan tahun. Lahir dari era media sosial, pesta-pesta ini mengubah pengalaman pribadi berkeluarga menjadi tontonan publik.

Pesta pengungkapan gender ini merujuk pada pesta pengungkapan jenis kelamin bayi yang masih ada dalam kandungan. Jenis kelamin bayi biasanya diumumkan dengan kembang api yang mengeluarkan asap merah muda atau biru.

Template untuk pesta ini dibuat pada 2008, ketika seorang blogger bernama Jenna Karvunidis membagikan foto pesta pengungkapan jenis kelamin untuk anak sulungnya di blognya, High Gloss and Sauce.

Gelombang yang mengikuti dirinya langsung bermunculan, banyak dari mereka ibu blogger. Tradisi dengan cepat menyebar di platform media sosial.

Sepanjang 2010-an, pesta pengungkapan gender direkam oleh fotografer profesional dan dipentaskan untuk Instagram. Pada 2015, orang tua di platform Pinterest membuat papan visi yang rumit untuk tema pesta gender, seperti "koboi vs tiara" dan "senjata vs kilau".

Youtube juga menyelenggarakan beberapa jam rekaman pesta pengungkapan gender. Banyak dari orang tua dalam video tersebut gembira saat mereka mengetahui jenis kelamin anak mereka, sementara genre yang sama sekali berbeda menampilkan kekecewaan mendalam anggota keluarga.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini