Pentolan Intel Inggris Ingatkan Ancaman Rudal Nuklir Rusia, Seberapa Serius?

Pentolan Intel Inggris Ingatkan Ancaman Rudal Nuklir Rusia, Seberapa Serius? Foto: Russia Beyond

Kepala Intelijen Pertahanan Inggris, Jim Hockenhull memperingatkan bahwa rudal jelajah Burevestnik bertenaga nuklir Rusia dapat tetap berada di atmosfer selama beberapa tahun. Dia mengatakan, ini bisa menimbulkan ancaman serius.

"Moskow sedang menguji sistem rudal jelajah bertenaga nuklir sub-sonik yang memiliki jangkauan global dan akan memungkinkan serangan dari arah yang tidak terduga," kata Hockenhull, seperti dilansir Sputnik pada Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Lomba Foto Lockdown Inggris Dipuji Ratu Elizabeth

Dia menuturkan, rudal Burevestnik memiliki waktu terbang yang tidak terbang dan juga mencatat investasi Moskow dalam kemampuan kapal selam, dan pelayarannya. Hockenhull menyebut ini akan memberi angkatan bersenjata Rusia kemampuan untuk menyerang infrastruktur militer dan sipil.

Kemampuan ini bersama-sama memungkinkan Rusia untuk membuat Inggris dan infrastruktur sipil, dan militer sekutunya dalam risiko serangan langsung baik dengan bahan peledak konvensional dan senjata nuklir, membatasi opsi atau meningkatkan resiko selama masa krisis," ungkapnya.

Rudal jelajah Burevestnik sendiri adalah satu dari enam senjata strategis baru yang diluncurkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Maret 2018 sebagai bagian program pemutakhiran senjata Rusia.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini