Kelewat Dekat dengan China, AS Pecat Duta Besarnya

Kelewat Dekat dengan China, AS Pecat Duta Besarnya Foto: Sindonews

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengindikasikan bahwa Duta Besar AS untuk China Terry Branstad akan meninggalkan jabatannya. Branstad dipecat setelah tiga tahun mengabdi untuk negara tirai bambu.

"Saya berterima kasih kepada Duta Besar Terry Branstad atas pengabdiannya selama lebih dari tiga tahun kepada rakyat Amerika sebagai Duta Besar AS untuk Republik Rakyat China," kata Pompeo melalui akun Twitter-nya, Senin.

Baca Juga: Tak Rela Jual TikTok ke Amerika, China Lebih Suka Lihat TikTok Gulung Tikar dari Sana?

Pompeo tidak menjelaskan alasan Branstad (73) pergi saat hubungan AS dan China menegang, terutama karena perdagangan bilateral, tuduhan tentang keamanan informasi, dan pandemi virus corona. Kedutaan AS tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

"Dubes Branstad telah berkontribusi untuk menyeimbangkan kembali hubungan AS-China agar berorientasi pada hasil, timbal balik, dan adil," tambah Pompeo, tanpa secara eksplisit mengatakan Branstad akan pergi.

Jaringan berita CNN melaporkan bahwa Branstad kemungkinan akan meninggalkan China sebelum pemilihan presiden AS pada November. Kementerian Luar Negeri China di masa lalu menggambarkan Branstad sebagai "teman lama rakyat China" dan dikenal sangat dekat China.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini