Sombong Selamatkan Duit Negara Rp90,5 T, Bos KPK 'Ngemis' Rp1,8 T: Kelihatan Impas

Sombong Selamatkan Duit Negara Rp90,5 T, Bos KPK 'Ngemis' Rp1,8 T: Kelihatan Impas Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim, komisinya menyelamatkan uang negara sebesar Rp90,5 triliun pada semester I-2020 dari pencegahan.

"Enam bulan terakhir, semester I 2020 di bidang pencegahan, KPK telah menyelamatkan keuangan negara kurang lebih Rp10,4 triliun dan menambah pendapatan daerah melalui program peningkatan pendapatan asli daerah kurang lebih Rp80,1 triliun," ujar Firli dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, Senin (14/9/2020).

Firli pun menegaskan, keberhasilan pemberantasan korupsi tidak bisa hanya dilihat dari banyaknya orang yang ditangkap. Tapi juga dihitung dari uang yang diselamatkan KPK.

Baca Juga: Gandeng KPK, Pertamina Klaim Selamatkan Potensi Kerugian Aset Rp9,5 Triliun

"Berapa banyak uang yang bisa ditambahkan ke pemerintah daerah maupun pemerintah pusat," ucapnya.

Dalam rapat tersebut, Firli pun mengajukan usulan tambahan anggaran untuk KPK pada 2021 sebesar Rp825 miliar.

Pagu indikatif yang ditetapkan untuk KPK saat ini yaitu Rp1,05 triliun. Menurut Firli, usulan tambahan anggaran Rp825 miliar itu kecil jika dibandingkan dengan uang yang berhasil diselamatkan KPK.

"Jadi kalau kami minta hanya Rp1,8 triliun, kelihatan impas. Kira-kira begitu. Karena lebih banyak uang yang kami selamatkan daripada yang kami minta," tandasnya.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini