3 Cara Mudah Kelola Keuangan Anda

3 Cara Mudah Kelola Keuangan Anda Foto: Unsplash/Rawpixel

Di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti saat ini sudah seharusnya kita mengelola keuangan secara maksimal. Akan tetapi, permasalahannya adalah masih banyak orang yang merasa sulit mengelola keuangan mereka. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi sangat beragam, mulai dari A sampai Z.

Pengelolaan keuangan itu gampang-gampang susah. Kita hanya perlu disiplin dan memiliki komitmen selain memang tetap ada tekniknya. Nah, bagaimana sih teknik mengelola keuangan? Yuk, kita simak teknik-teknik mengelola keuangan yang paling mudah diterapkan yakni

Baca Juga: 8 Tips Beli Mobil Baru dengan Harga Murah, Catat!

1. Menabung di Awal, Bukan Menyisihkan di Akhir Bulan

Menabunglah minimal sebesar 10 persen di awal kalian mendapatkan penghasilan dan bukan menabung di akhir. Realitanya, kalau kita menabung di akhir maka pasti tidak akan ada uang yang tersisa. Hal itu karena jika segala keinginan dituruti maka penghasilan manusia dengan jumlah berapapun besarnya pasti akan selalu habis.

Menabung di awal bisa dilakukan dengan cara langsung memindahkan uang penghasilan sebesar 10% ke rekening tabungan. Hal itu bisa berguna untuk menunjang masa depan apabila kita sudah tidak muda kelak.

2. Utang Konsumtif Tidak! Utang Produktif Ya!

Hal yang perlu diperhatikan soal utang ialah apakah kita berutang untuk sesuatu yang menghasilkan pendapatan atau untuk keperluan konsumtif? Mudah ya? Jadi, apabila ingin berutang maka pastikan utang tersebut bisa menjadi aset produktif atau tidak?

Apabila berutang untuk keperluan konsumtif maka penghasilan kita tidak akan bertambah dan cenderung berkurang. Walaupun utang-utang konsumtif tersebut untuk membeli barang-barang kebutuhan seperti makan.

Kalau sudah terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari maka ini tandanya penghasilan kita tidak cukup atau kita tidak melakukan prinsip pengelolaan keuangan nomor satu dan nomor tiga.

3. Mencatat dan Menentukan Pos Pengeluaran

Kunci terakhir adalah mencatat semua pengeluaran karena dengan mencatat maka kita dapat menganalisis semua pengeluaran. Hal ini akan berguna agar kita bisa mengetahui letak kebocoran keuangan yang terjadi selama ini.

Dengan mengetahui semua pengeluaran, kita akan dapat menentukan seberapa besar alokasi biaya yang dikeluarkan untuk pengeluaran tertentu, seperti paket internet, biaya makan siang, hingga biaya nongkrong.

Setelah mencatat dan menentukan seberapa besar pos-pos pengeluaran kalian, simpanlah uang dalam amplop terpisah atau rekening bank terpisah. Kemudian ambilah uang tersebut seminggu sekali guna menghindari pemakaian di luar dari anggaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kita akan lebih disiplin dalam menggunakan anggaran.

Lengkap sudah tips yang mudah digunakan bagi kita yang kesulitan mengelola uang. Harapannya, semoga keuangan kita kali ini bisa lebih lancar dan jauh dari kesulitan keuangan. Selamat mencoba!

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini