Tiba di Negeri Trump, Perwakilan UEA Siap Lakukan...

Tiba di Negeri Trump, Perwakilan UEA Siap Lakukan... Foto: Twitter/Tel Aviv

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Abdullah bin Zayed telah tiba di Washington, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (13/9/2020).

Dia memimpin delegasi tingkat tinggi yang akan berpartisipasi dalam proses penandatanganan kesepakatan perdamaian dengan Israel.

Baca Juga: Ribuan Warga Israel Pesan Tiket Penerbangan ke UEA

Dilaporkan laman Al Arabiya, proses penandatanganan akan dilangsungkan di Gedung Putih pada Selasa (15/8/2020).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menyaksikan proses bersejarah tersebut.

UEA dan Israel menyepakati perjanjian normalisasi hubungan diplomatik pada 13 Agustus lalu. Itu merupakan kesepakatan perdamaian pertama yang dicapai Israel dengan negara Arab dalam 26 tahun.

Tel Aviv terakhir kali menandatangani perjanjian semacam itu pada 1994 dengan Yordania.

Menurut Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammad bin Zayed Al Nahyan, dengan tercapainya kesepakatan normalisasi, Israel setuju menghentikan rencana pencaplokan Tepi Barat.

Namun, Netanyahu telah menegaskan bahwa rencana tersebut tak sepenuhnya disingkirkan. Dia mengatakan akan tetap menjalin koordinasi dengan AS perihal pencaplokan Tepi Barat.

Pada Jumat (11/9/2020) pekan lalu, Israel pun berhasil mencapai kesepakatan normalisasi hubungan diplomatik dengan Bahrain. Netanyahu sangat menyambut tercapainya hal tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini