Kisah Orang Terkaya: Ray Dalio, Miliarder Firma Investasi Raksasa di AS

Kisah Orang Terkaya: Ray Dalio, Miliarder Firma Investasi Raksasa di AS Foto: REUTERS/Brian Snyder

Miliarder sekaligus investor Amerika Serikat (AS), Ray Dalio, merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, ia memiliki harta sebesar USD16,9 miliar (Rp252 triliun). Dalio adalah pendiri, wakil ketua, dan wakil kepala firma investasi Bridgewater Associates, salah satu hedge fund terbesar di dunia.

Kehidupan Awal

Pemilik nama lengkap Raymond Dalio ini lahir pada 8 Agustus 1949 di lingkungan Jackson Heights di wilayah Queens, New York City, Amerika Serikat. Dia adalah putra seorang musisi jazz keturunan Italia, Marino Dallolio, pemain klarinet dan saksofon di klub jazz Manhattan seperti Copacabana. Ibunya Ann adalah seorang ibu rumah tangga.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Vladimir Lisin, Oligarki Baja Rusia yang Punya Banyak Gelar

Dalio mulai belajar berinvestasi pada usia 12 tahun ketika dia membeli saham Northeast Airlines seharga USD300 (Rp4,4 juta hari ini) dan melipatgandakan investasinya setelah maskapai itu bergabung dengan perusahaan lain. Dalio menerima gelar sarjana di bidang keuangan dari Long Island University (CW Post) dan MBA dari Harvard Business School pada tahun 1973.

Karir

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Dalio bekerja di lantai bursa New York Stock Exchange dan berdagang di komoditas berjangka. Dia kemudian bekerja sebagai Direktur Komoditas di Dominick & Dominick LLC. Pada tahun 1974 ia menjadi pialang bursa berjangka di Shearson Hayden Stone.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini