Fadli Zon: Kasihan Mahasiswa Baru UI

Fadli Zon: Kasihan Mahasiswa Baru UI Foto: Sufri Yuliardi

Universitas Indonesia (UI) mengeluarkan kebijakan mewajibkan mahasiswa baru menandatangani lembar pakta integritas. Kebijakan UI ini direspons sejumlah pihak yang salah satunya Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon.

Fadli yang juga almamater UI menyampaikan pendapatnya melalui akun Twitternya, @fadlizon. Ia mengomentari cuitan dari penulis sekaligus kader Demokrat, Zara Zettira.

Baca Juga: Fadli Zon Usul ke Presiden Jokowi Copot Menteri...

Zara dalam cuitannya mengunggah artikel salah satu portal yang kemudian menambah komentar 'Alhamdulillah kuliah jaman ORBA gada yang kek gini'. Fadli merespons dengan menyampaikan komentar kasihan kepada mahasiswa baru UI. Namun, ia bilang jadi aktivis sebenarnya tak perlu izin karena merupakan panggilan.

"Kasihan mahasiswa baru UI. Tapi utk jd aktivis tak perlu minta izin. Itu tergantung panggilan sejarah," tulis Fadli dikutip pada Minggu, (13/9/2020).

Sebelumnya, UI membuat kebijakan kontroversial yaitu mewajibkan mahasiswa baru menandatangani lembar pakta integritas di atas materai. Bagi mahasiswa yang melanggar, sanksi berat menanti.

Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia, menjelaskan lembaran pakta integritas itu jadi salah satu syarat wajib calon mahasiswa baru. Dalam lembar pakta integritas yang diterbitkan pihak rektorat tersebut, pelanggaran terhadap ketentuan berakibat sanksi maksimum pemberhentian sebagai mahasiswa UI.

Adapun sejumlah larangan di antaranya tidak berpolitik praktis dan ikut organisasi tak resmi. Tercatat, ada 13 ketentuan yang tak boleh dilanggar oleh mahasiswa sejak ditetapkan sebagai mahasiswa UI.

"Salah satunya, mahasiswa UI dilarang berpartisipasi dalam kegiatan kelompok/organisasi yang tidak mengantongi izin resmi pimpinan fakultas/universitas," kata Amelita dikutip pada Jumat 11 September 2020.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini