Kemendag Bakal Dongkrak Ekspor Industri Digital

Kemendag Bakal Dongkrak Ekspor Industri Digital Foto: Rahmat Saepulloh

Karya anak bangsa seperti startup dan komik serta teknologi animasi menjadi komoditas potensial di saat Pandemi Covid-19.  Untuk itu, Kemendag RI akan terus mendorong ekspor di bidang industri digital.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan RI (Wamendag) Jerry Sambuaga disela kunjungan kerja ke Cimahi Technopark, Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga: Soal PSBB Total, Mendag Wanti-Wanti Hal Ini ke Anies Baswedan

"Alangkah baiknya kita bisa dorong produk-produk yang lebih inovatif, kita mencari berbagai produk terobosan, kartun, komik," katanya.

Jerry mengungkapkan kerjasama antar negara di masa pandemi berpotensi menguntungkan surplus bagi negara.

"Kita dalam pandemi, kiatnya mendorong, realisasi perjanjian dagang nasional, mulai dari Jepang, Korea, Tunisia sampai ke negara - negara non tradisional perdagangan," ujarnya.

"Kita explore potensi negosiasi itu mempercepat arus dagang antar negara apalagi pandemi saat ini semua negara harus saling membantu," tambahnya.

Meski demikian, saat ini masih ditemukan sejumlah permasalahan yang menghambat perkembangan produk dalam negeri khususnya di bidang tekhnologi, seperti minimnya penghargaan dari stekholder, hingga dorongan untuk memasarkan produk.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini