Baru Dibeli, Apakah Masker Kain Harus Dicuci Sebelum Dipakai?

Baru Dibeli, Apakah Masker Kain Harus Dicuci Sebelum Dipakai? Foto: Rahmat Saepulloh

Masker wajib dikenakan semasa pandemi Covid-19. Para peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia, telah mengungkap bahwa masker secara signifikan mengurangi kemungkinan penularan Covid-19 melalui droplet alias percikan liur.

Lalu, apakah masker kain yang baru dibeli bisa langsung dipakai atau wajib dicuci dahulu? Bagaimanakah cara mencucinya agar kenyamanan dan keandalannya terjaga? Berikut tips yang dikutip dari laman Huffington Post.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Wajah selama Pakai Masker

Cuci Masker

Setiap masker kain yang baru dibeli harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Masker kain yang sudah selesai digunakan juga harus selalu dicuci. Jangan gunakan masker kain yang sudah pernah dipakai, namun belum dicuci karena efektivitasnya berkurang dan dapat memicu iritasi pada kulit.

Jangan Gunakan Pelembut Kain atau Deterjen Berpewangi

Hindari penggunaan pelembut kain saat mencuci masker karena studi pada kain handuk mengungkapkan bahwa penggunaan pelembut kain dapat mengurangi tingkat penyerapan kain. Zat pewangi kimia pada deterjen juga sebaiknya dihindari saat mencuci masker kain.

Pilih deterjen yang tidak berpewangi. Bila tetap ingin menggunakan pelembut pakaian atau deterjen berpewangi untuk pakaian-pakaian lain, tak ada salahnya mencuci masker kain secara terpisah. Mencuci masker kain dengan tangan menggunakan air panas dan sabun tak berpewangi juga sudah cukup baik.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini