5 Cara Merawat Kulit Wajah selama Pakai Masker

5 Cara Merawat Kulit Wajah selama Pakai Masker Foto: Antara/Irwansyah Putra

Penggunaan masker telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari di masa pandemi Covid-19. Akan tetapi, penggunaan masker yang tidak tepat dapat memicu timbulnya masalah pada kulit.

Penggunaan masker, khususnya di tengah cuaca panas, dapat membuat area di sekitar mulut dan hidung menjadi lebih lembap. Akibatnya, masalah seperti jerawat dan kulit kemerahan bisa terjadi setelah penggunaan masker.

Baca Juga: Saat Megabintang Ronaldo Ditegur untuk Pakai Masker

Orang-orang yang memiliki kulit kering atau jarang berjerawat mungkin tidak akan begitu terpengaruh dengan dampak penggunaan masker ini. Perawatan kulit yang biasa sudah cukup untuk menjaga kondisi kulit mereka.

Akan tetapi, penggunaan masker dapat memicu masalah bagi orang-orang yang rentan terhadap jerawat. Hal yang sama juga berlaku pada orang-orang dengan kulit sensitif.

"Karena panas dan kelembapannya," ujar ahli estetika Rafaelle Longpre seperti dilansir Huffington Post.

Kabar baiknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah kulit akibat penggunaan masker. Berikut ini adalah kiat-kiatnya.

1. Ganti Masker secara Rutin

Masker perlu diganti setiap empat jam sekali. Salah satu alasannya, masker yang sudah cukup lama digunakan mungkin sudah terkena cukup banyak keringat. Efektivitas masker akan berkurang bila terlalu lama digunakan. Selain itu, masker yang digunakan cukup lama biasanya sudah basah terkena keringat sehingga dapat memicu iritasi.

Masker sekali pakai harus langsung dibuang, sedangkan masker kain sebaiknya disimpan dalam kantong khusus terlebih dahulu sebelum dicuci di rumah. Manfaatkan waktu penggantian masker untuk mencuci area wajah. Orang-orang yang berjerawat juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengaplikasikan produk perawatan wajah.

"Itu membuat perbedaan yang besar," tutur Longpre.

2. Cuci Muka

Agar kesehatan kulit tetap baik, kebersihannya juga harus dijaga. Jangan lupa untuk rajin mencuci muka setiap hari, khsuusnya di malam hari agar kulit terbebas dari berbagai kotoran yang menempel dan bisa bernapas dengan baik saat tidur di malam hari.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah adalah micellar water. Micellar water dapat menghapus riasan hingga kotoran yang menempel di wajah dengan efektif.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini