Sakit Pencernaan, Gejala Covid-19 pada Anak

Sakit Pencernaan, Gejala Covid-19 pada Anak Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Sejak pandemi virus corona dimulai, daftar gejala penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit Covid-19, semakin panjang. Awalnya terdapat tiga gejala, yaitu demam, batuk, dan sesak napas.

Seiring berjalannya waktu, gejala lain seperti hilangnya kemampuan indra perasa dan penciuman, nyeri tubuh, dan sakit kepala, juga ditambahkan ke daftar gejala. Dilansir Times Now News, daftar gejala lain yang semakin panjang dalam konteks yang sama adalah orang-orang yang berisiko tinggi mengalami kontraksi dan komplikasi akibat Covid-19.

Baca Juga: Studi: Aplikasi Pelacakan Dapat Kurangi Sebaran Covid-19

Meskipun pada awalnya dilaporkan bahwa anak-anak mungkin mengalami gejala ringan karena infeksi, penyakit mirip Kawasaki yang langka dan komplikasi lain telah dilaporkan menyerang si kecil.

Temuan terbaru menambah panjang daftar gejala Covid-19. Menurut tim dari Queen's University, Belfast yang telah mempelajari anak-anak yang kena Covid-19, gejala sakit perut mungkin menjadi hal yang perlu diwaspadai sebagai tanda infeksi virus corona.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, diare telah dilaporkan sebagai kemungkinan gejala Covid-19 pada orang dewasa karena banyak pasien melaporkan hal yang sama. Namun, di Inggris, gejala Covid-19 yang diakui adalah demam, batuk, dan hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa.

Menurut studi terbaru, hampir 1.000 anak dan sampel darah mereka diteliti untuk mengetahui apakah mereka belum lama ini terinfeksi virus corona. Hasilnya dipublikasikan di pra-cetak MedRvix.

Penemuan tersebut memberi kesan bahwa 68 dari 992 anak memiliki antibodi terhadap virus menunjukkan bahwa mereka pernah terinfeksi SARS-CoV-2. Separuh dari anak-anak ini juga ditemukan memiliki gejala.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini