Airlangga Hartarto Dibilang Cetek Sama Rizal Ramli

Airlangga Hartarto Dibilang Cetek Sama Rizal Ramli Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total di ibu kota terus berbuntut panjang. Keputusan Anies tersebut mendapat kritikan dari banyak pihak. Namun Rizal Ramli tampak membela Anies Baswedan.

Diberitakan sebelumnya, keputusan PSBB Total dari Anies mendapat tanggapan dari beberapa tokoh. Termasuk dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Menurut Airlangga, ada beberapa poin yang menjadi kritikannya. Mulai dari pernyataan Anies terkait kapasitas rumah sakit hingga soal masuk kantor di wilayah ibu kota. 

"Pemerintah tegaskan tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas. Pemerintah punya dana cukup dan akan terus tambah kapasitas tempat tidur sesuai kebutuhan seluruh daerah, termasuk DKI Jakarta akan dimaksimalkan pemerintah," katanya saat konferensi pers, kemarin.

Begitu juga dengan kebijakan masuk kantor. Menurut Airlangga, untuk pekerja di kantor pemerintah tetap berjalan sesuai dengan peraturan yang diterbitkan Kementerian MENPAN-RB sehingga pemerintah mengatur antara work from home dan work from office. Sedangkan untuk pekerja perkantoran lagi ditentukan prosentasenya.

Baca Juga: Anies Gak Mau Paksakan Bodetabek Suruh Ikutan Lockdown Total

Mendapat 'serangan' dari Airlangga, Anies mendapat pembelaan dari Rizal Ramli. Bahkan Rizal Ramli dengan terang-terangan menyebut nama Airlangga Hartarto. Rizal menyoroti pernyataan Airlangga yang menuding anjloknya bursa saham karena pengumuman dari Anies.

"Bung Airlangga jangan suudzon dan cetek. Jangan asal kaitkan PSBB dengan jatuhnya bursa," kata pemilik ‘jurus kepret’ ini lewat akun twitternya, @RamliRizal.

Menurut Rizal Ramli, pernyataan Airlangga itu tidak tepat karena pertama, bursa saham AS juga drop banyak. Kedua, banyaknya pihak asing yang keluar karena isu dewan moneter ancam independensi BI dan ketiga, dana buyback saham sudah mulai habis.

Menariknya, komentar Rizal Ramli ini langsung mendapat sambutan dari netizen. Kebanyakan netizen menanggaapi komentar Rizal Ramli dengan ungkapan bahwa Anies memang selalu dijadikan kambing hitam oleh beberapa pihak yang tidak suka.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini