5 Buku Rekomendasi untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

5 Buku Rekomendasi untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Semakin hari, semakin marak penipuan yang terjadi di bidang keuangan entah itu dalam sektor investasi, asuransi, maupun perbankan. Kerugian ini terjadi karena kurangnya faktor literasi keuangan khususnya di Indonesia. Maka dari itu penting bagi kita untuk bisa menemukan dan membatasi sumber informasi yang masuk.

Salah satu media yang terpercaya memberikan sumber informasi yang akurat adalah buku. Melalui buku, kita bisa mempelajari pengalaman hidup seseorang agar mencerdaskan diri sekaligus menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan diri sendiri ke depannya.

Baca Juga: Konglomerat Sandiaga Uno Bagikan Tips Agar Usaha Tak Bangkrut

Bagi yang masih bingung mulai belajar literasi keuangan dari mana, kita bisa memulai dari lima buku rekomendasi ini yakni

1. Unlimited Wealth (Bong Chandra)

Buku ini bagus untuk membangun fondasi dasar agar kita memahami landasan dan urgensi belajar keuangan pribadi. Buku ini lengkap dengan arahan dan panduan mengenai hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar memiliki keuangan yang baik.

BukuĀ Unlimited Wealth merupakan buku pertama yang ditulis oleh seorang pengusaha properti sukses yang kala itu masih berusia 21 tahun.

2. Financial Revolution (Tung Desem Waringin)

Buku ini melengkapi fondasi pemikiran kita dalam bersikap mengenai uang. Dalam buku ini dijelaskan cara-cara yang masuk akal bagaimana sih seorang karyawan bisa naik gaji dalam satu tahun sebanyak tiga kali. Kemudian bagaimana sih cara menghasilkan uang selama kita tidur?

Buku yang ditulis pada tahun 2005 oleh pelatih sukses terbaik ini patut dibaca.

3. Rich Dad, Poor Dad (Robert T Kiyosaki)

Apa yang diajarkan oleh orang kaya kepada anak-anak mereka dan tidak ada dalam keluarga kelas menengah dan miskin? Kurang lebih itulah topik utama dari buku ini. Buku terbitan tahun 1997 ini ditulis oleh seorang penulis keturunan Amerika-Jepang yang menekankan betapa pentingnya pendidikan keuangan dan membangun aset.

Pesannya jelas yakni bukan bekerja untuk uang, melainkan bekerja untuk aset.

4. Rich Game: Cara Kaya dengan Investasi (Aidil Akbar Madjid)

Mau belajar keuangan tapi sambil main? Mungkin buku ini pilihan satu-satunya di Indonesia. Buku pertama terbitan seorang Master Financial Planner. Beliau sendiri telah berkecimpung di dunia keuangan sejak tahun 1994 silam. Dalam buku ini ia dengan gamblang membuka cara kaya yang mudah yakni melalui investasi.

Semuanya tertulis dalam buku ini, tambahannya berupa papan permainan yang bisa kita gunakan sebagai simulasi untuk mempraktikkan isi buku ini.

5. Credit Card Revolution (Roy Shakti)

Kartu kredit merupakan instrumen utang favorit masyarakat Indonesia, tapi sayangnya tidak ada satupun edukasi mengenai cara dan aturan main dalam berutang dengan kartu kredit. Di buku ini kita akan belajar dari sejarah kartu kredit, aturan main, hingga kartu kredit untuk investasi.

Demikian lima buku yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemahaman keuangan pada diri kita. Memang kita tidak akan langsung terhindar dari penipuan keuangan, tapi minimal kita mengetahui ciri-cirinya dan mengetahui apa yang harus dilakukan supaya terhindar dari penipuan. Selamat membaca!

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini