RR Angkat Topi buat Jokowi, Lihat Sikap AHA Malah Bikin Geleng-geleng

RR Angkat Topi buat Jokowi, Lihat Sikap AHA Malah Bikin Geleng-geleng Foto: Agus Aryanto

Ekonom senior Rizal Ramli mengungkapkan sempat mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menegaskan saat ini prioritas utama pemerintah adalah memerangi virus Corona (Covid-19).

Pernyataan Jokowi itu dinilainya juga langsung disikapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, Rizal mengaku bingung dengan sikap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang terkesan tidak sependapat dengan kebijakan Anies.

Rizal menilai sikap Airlangga membingungkan karena seharusnya menteri mendukung sikap Presiden. "Minggu yang lalu Presiden Jokowi pidato bahwa prioritas utama adalah perangi Corona, saya sempat angkat topi akhirnya setelah 6 bulan, JKW sadar. Anies ambil langkah tepat. Tapi Airlangga dll hantam Anies. Jadi bertanya JKW itu Presiden bukan? Kok menteri-menterinya bisa menggergaji arahannya?" kata Rizal melalui akun Twitternya, @RamliRizal, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Anies Diapresiasi, AHA Dicaci Maki: Gagal Paham

Baca Juga: Gak Disangka-sangka, Anak Buah Sri Mulyani Pasang Badan buat Anies

Seperti diberitakan sebelumnya, Airlangga yang menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartato menegaskan tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas. Airlangga juga mengungkapkan pemerintah memiliki dana cukup dan akan terus menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit, termasuk di Jakarta.

Pernyataan itu bertolak belakang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menegaskan jika tidak ada pengawasan ketat maka tempat tidur rumah sakit akan penuh pada pekan kedua Oktober mendatang. Hal itu menjadi salah satu alasan Anies mengambil kebijakan "rem mendadak" dengan memberlakukan kembali PSBB.

Airlangga juga menilai pengumuman penerapan kembali PSBB pada Senin (14/9/2020) mendatang juga menjadi penyebab kejatuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Kamis (10/9/2020). Hal itu disampaikannya dalam Rakornas Kadin, Kamis kemarin.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini