Bantuan Rp600 Ribu Tahap 3 Cair Hari Ini! Jika Belum Cair, Ini Sebabnya!

Bantuan Rp600 Ribu Tahap 3 Cair Hari Ini! Jika Belum Cair, Ini Sebabnya! Foto: Sufri Yuliardi

Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan tahap 3 sudah masuk ke tiap rekening penerima, Jumat (11/9/2020). Apakah Anda sudah menerimanya?

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauiyah, proses validasi dan verifikasi bantuan Rp600 ribu untuk 3,5 juta calon penerima di tahap 3 sudah selesai.

"Data calon penerima BLT Rp600 ribu telah BPJS Ketenagakerjaan serahkan kepada Kemenaker pada Selasa (1/9/2020)," ujarnya.

Baca Juga: Jakarta Mau PSBB Total, Begini Kesiapan Operator Seluler

Baca Juga: Deadline Buat Jual TikTok Amerika Tinggal 4 Hari, Trump Ogah Perpanjang

Lantas, apa penyebab mandeknya pencairan bantuan Rp600 ribu?

1. Perusahaan belum menyerahkan rekening pekerja ke BP Jamsostek;

2. Proses validasi di BP Jamsostek dan Kemenaker masih berjalan;

3. Proses transfer antarbank dari bank himbara (Mandiri, BTN, BRI, dan BNI) ke rekening pekerja menggunakan bank swasta.

Catatan:

Proses validasi terdiri dari sejumlah tahap, yakni: (1) validasi nomor rekening pekerja, bermitra dengan 127 bank, dan; (2) validasi nomor rekening dan identitas kepesertaan BP Jamsostek.

Sekadar informasi, total penerima bantuan Rp600 ribu mencapai 15,7 juta. Pada tahap 1 dan 2, ada sekitar 1,6 juta calon penerima bantuan yang tak lolos validasi.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini