Kisah Orang Terkaya: Vladimir Lisin, Oligarki Baja Rusia yang Punya Banyak Gelar

Kisah Orang Terkaya: Vladimir Lisin, Oligarki Baja Rusia yang Punya Banyak Gelar Foto: REUTERS/Sergei Karpukhin

Salah satu orang terkaya di Rusia adalah Vladimir Lisin yang merupakan ketua sekaligus pemegang saham mayoritas dari Novolipetsk (NLMK). NLMK adalah salah satu dari empat perusahaan baja terbesar di Rusia.

Pemilik nama lengkap Vladimir Sergeyevich Lisin ini merupakan oligarki dunia terkemuka dalam sektor metalurgi. Ia lahir pada 7 Mei 1956 silam. Berdasarkan catatan Forbes, orang terkaya kedua di Rusia setelah Vladimir Potanin ini memiliki kekayaan sebesar USD22,4 miliar (Rp335 triliun).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Vladimir Potanin, Orang Terkaya di Rusia

Pendidikan dan Karir

Vladimir Lisin belajar di Institut Metalurgi Siberia dan lulus pada tahun 1979. Setelah lulus ia mendapat pekerjaan sebagai mandor las di Tulachermet Metals Works. Pada tahun yang sama itu pun ia langsung naik pangkat menjadi manajer toko dan pada 1986 ia menjadi wakil kepala insinyur.

Pada tahun 1984 ia telah menyelesaikan studi Pascasarjana di Ukraina. Pada tahun 1989 ia menerima gelar MSc di bidang Teknik Logam dari Central Research Institute of Ferrous Metalurgi yang dinamai I. P. Bardin di Moscow.

Lalu, pada tahun 1990 ia menerima gelar diploma dari sekolah komersial tinggi di bawah Akademi Semua Serikat Perdagangan Luar Negeri Ordo Persahabatan Rakyat di wilayah Uni Soviet, Moskow.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini