Habis Kena Sanksi Baru Amerika, Huawei 'Terancam' di Polandia

Habis Kena Sanksi Baru Amerika, Huawei 'Terancam' di Polandia Foto: Instagram

Setelah mendapat tekanan dari Amerika Serikat karena pembatasan ekspor teknologi terbarunya, kini Huawei terancam terdepak dari pasar jaringan 5G Polandia.

Mengutip Reuters, Kamis (10/9/2020), kriteria yang Polandia susun untuk menilai risiko produsen komponen telekomunikasi berisiko menendang Huawei dari pengembangan jaringan 5G negara itu, menurut perusahaan.

"Kriteria yang diusulkan oleh Polandia bersifat politis, tidak dapat diukur, tidak transparan, dan tidak objektif," kata Direktur Strategi dan Komunikasi Huawei di Polandia.

Baca Juga: Sanksi Baru Amerika ke Huawei Ancam Raksasa Teknologi di 3 Negara

Pada Selasa (8/9/2020), Polandia menerbitkan rancangan undang-undang keamanan siber, memberi waktu 14 hari bagi pihak yang berkepentingan.

UU itu berbunyi, "vendor akan terbagi jadi empat kelompok, tergantung pada potensi ancaman terhadap keamanan siber Polandia."

Lebih lanjut, RUU itu melarang operator telekomunikasi membeli peralatan baru dari pemasok dengan risiko tinggi dan mesti mengganti peralatan yang ada dari pemasok itu dalam waktu lima tahun. Bagi pemasok berisiko sedang, hanya pembelian barang baru saja yang masuk kategori pemboikotan.

"Huawei kemungkinan akan masuk sebagai vendor berisiko sedang, berarti operator tak akan bisa membeli pasokan baru darinya. Namun, mereka tak perlu mengganti komponen 4G," jelas Analis Trigon DM, Dominik Niszcz.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini