Bea Cukai Kepulauan Riau Musnahkan 532,9 Ton Ammonium Nitrat

Bea Cukai Kepulauan Riau Musnahkan 532,9 Ton Ammonium Nitrat Foto: Bea Cukai

Kejaksaan Negeri Karimun bekerja sama dengan Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau memusnahkan 532,9 ton ammonium nitrat hasil tangkapan Bea Cukai pada Rabu (9/9/2020).

Pemusnahan barang rampasan negara tersebut dilakukan dengan menimbunnya ke dalam sebuah kolam besar di Dermaga Ketapang Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau.

Kepala Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, Agus Yulianto menyatakan bahwa ammonium nitrat yang dimusnahkan adalah hasil tangkapan Bea Cukai selama beberapa tahun dan disimpan secara aman di Gudang Kanwil Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dan Gudang PT Dahana sambil menunggu keputusan untuk dimusnahkan.

Baca Juga: Ya Tuhan, Amonium Nitrat Ditemukan Lagi di Lokasi Bekas Ledakan

Baca Juga: Anies Tarik Rem Darurat, Ekonomi RI Makin Gawat!

"Kita sudah mengadakan rapat dan sudah disepakati bersama bahwa hari ini akan dilakukan pemusnahan ammonium nitrat, proses pemusnahan ini berlangsung paling tidak selama satu atau dua hari dan kami berharap koordinasi dan kerja sama ini terus berlanjut khususnya terkait penegakan hukum," katanya melalui keterangannya.

Pemusnahan barang rampasan negara tersebut dipimpin Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung RI Agnes Triani didampingi Kajati Kepri Sudardiwadi, Kepala Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau Agus Yulianto, Wabup Karimun Anwar Hasyim, Kajari Karimun Rahmat Azhar, dan pimpinan FKPD di Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, Agnes menyatakan bahwa ammonium nitrat yang dimusnahkan berasal dari sepuluh perkara tindak pidana kepabeanan yang berkuatan hukum tetap.

Di samping itu, Agnes Triani menyampaikan juga, "terlaksananya pemusnahan barang rampasan negara pada hari ini, dapat terwujud melalui jalinan sinergi, komunikasi dan koordinasi kita bersama, hingga akhirnya nanti kami harapkan selesai dilaksanakan pemusnahan dengan kondisi aman dan lancar."

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini