IHSG Karam: Sabda Pak Anies Baswedan Udah Kayak Trump!

IHSG Karam: Sabda Pak Anies Baswedan Udah Kayak Trump! Foto: Sufri Yuliardi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tersungkur di zona sepanjang perdagangan bursa hari ini, Kamis, 10 September 2020. Sempat mengalami trading halt, level terdalam yang dicapai IHSG berada di angka 4.878,28, terendah dalam sebulan terakhir.

Aksi ambil untung besar-besaran dari pasar saham menjadi dalang dari karamnya IHSG pada sore ini dengan koreksi 5,01% ke level 4.891,46. Dilansir dari RTI, nilai jual bersih yang terhimpun sampai penutupan pasar telah mencapai Rp663,00 miliar atau setara dengan Rp3,36 triliun dalam sepekan.

Baca Juga: Dari Properti hingga Ritel, Apa Kabar Kerajaan Bisnis Grup Lippo?

Asal tahu saja, besarnya tekanan jual yang menggerus IHSG sudah terjadi sejak perdagangan Rabu, 9 September 2020. Pada akhir sesi II kemarin, IHSG ditutup anjlok 1,81% ke level 5.149,38. Tekanan tersebut berlanjut dan semakin parah pada hari ini.

Hal itu terjadi ditengarai karena pengaruh pengumuman Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bahwa sekarang saatnya Jakarta menarik rem darurat untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yang angkanya melonjak drastis dalam beberapa hari terakhir. Dalam pidatonya, Anies menyebut mulai Senin, 14 September 2020 mendatang, Jakarta akan menerapkan PSBB total, seperti saat awal pandemi masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Astaga Naga! IHSG Babak Belur Sepanjang Hari Ini

"Dalam rapat kita sepakat akan menarik rem darurat. Pemprov DKI Jakarta resmi perpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Fase I di ibu kota selama 14 hari ke depan, berlaku mulai 28 Agustus-10 September 2020," pungkas Anies pada Rabu, 9 September 2020 malam.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini