Laba PLN Terjun Bebas, Dirutnya Janji Begini

Laba PLN Terjun Bebas, Dirutnya Janji Begini Foto: Investor

PT PLN (Persero) mencatat laba bersih sebesar Rp273,059 miliar pada semester I-2020. Capaian itu diketahui menurun sekitar 97 persen dibanding semester I-2019 yang berhasil mencatat laba bersih Rp7,35 triliun.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, memastikan bahwa perseroan akan terus berusaha mencapai posisi keuangan dan operasional perusahaan yang sehat.

Baca Juga: Biayai Listrik Desa, PLN Dapat Tambahan Modal Rp5 Triliun

"Meningkatkan pendapatan dengan cara meningkatkan penjualan tenaga listrik untuk pelanggan besar, serta mendengarkan harapan dan keinginan pelanggan dan melakukan kajian demand para pelanggan besar," kata Zulkifli di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, kemarin.

Selain itu, Zulkifli mengaku pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan tenaga listrik untuk para pelanggan melalui promo pemasaran, sambil menjaga kecukupan pasokan listrik. Selanjutnya, PLN juga berjanji akan memberikan tarif kompetitif untuk pelanggan listrik sehingga diharapkan akan mampu mendorong konsumsi listrik sekaligus mendorong roda perekonomian masyarakat.

"Kami juga akan terus meningkatkan upaya efisiensi dengan cara mengoptimalkan bauran energi melalui produksi listrik dari pembangkit non-BBM," ujar Zulkifli.

Kemudian, lanjut Zulkifli, PLN akan menurunkan biaya energi primer dengan mengoperasikan pembangkit energi baru terbarukan, seperti biofuel dan solar cell, khususnya di daerah terpencil serta terisolasi.

Selain itu, PLN akan mengupayakan pemberlakuan domestic market obligation (DMO) batu bara dan gas dalam rangka menjamin kepastian biaya dan suplai energi primer.

"Kami juga akan melaksanakan program efisiensi pemeliharaan dan optimasi dari persediaan yang ada," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini