Menelisik Kegagalan Fatal Operasi Intelijen Israel Mossad

Menelisik Kegagalan Fatal Operasi Intelijen Israel Mossad Foto: GTO Israel/Kobi Gideon

Meski Badan Intelijen Israel Mossad sering disebut-sebut sebagai salah satu dinas rahasia terbaik di dunia, mereka pernah juga melakukan serangkaian blunder fatal. 

Berikut ini catatan AFP mengenai empat kegagalan utama Mossad sejak didirikan pada 1951: 

Baca Juga: Penyamaran Mossad Sukses Pindahkan Ribuan Yahudi Etiopia

- Nikosia, April 1991  

Seorang perwira polisi Siprus menangkap empat agen Mossad yang berupaya menanamkan mikrofon di kedubes Iran di Nikosia.

Polisi tersebut mulai curiga setelah mereka melihat dua pasangan yang seolah sedang berpacaran,  empat agen rahasia, berada di sekitar gedung kedubes.

Siprus dan Israel menyelesaikan masalah dalam dua pekan, melalui proses pengadilan singkat. Para agen hanya harus membayar denda.

- Washington, November 1985

Jonathan Polard, seorang agen Israel yang menyusup ke dinas intelijen angkatan laut AS, dijatuhi hukuman seumur hidup dalam penjara pada Maret 1987, dengan tuduhan melakukan aktivitas mata-mata bagi negara Yahudi tersebut.

Pollard, yang direkrut Israel pada 1984, mengalirkan ke Israel ribuan dokumen sangat rahasia. Ia dan istrinya ditangkap pada 1985 oleh Biro Investigasi Federal (FBI) di depan kedutaan Israel di Washington yang tak bersedia membuka pintu bagi Pollard. 

Israel sampai sekarang masih membantah bahwa Pollard, yang memperoleh status kewarganegaraan di sana, adalah agen Mossad. Skandal tersebut sempat membekukan hubungan Israel-AS. Segenap upaya untuk membebaskan Pollard sejauh ini tak pernah berhasil.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini