PDIP Gak WO di Paripurna DPRD DKI, Eh Ahok Ikut Posting Alasannya

PDIP Gak WO di Paripurna DPRD DKI, Eh Ahok Ikut Posting Alasannya Foto: Antara/Wahyu Putro A

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut me-repost unggahan Instagram Fraksi PDIP soal alasan tidak walk out (WO) dalam rapat paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI 2019.

Dalam postingan tersebut, terdapat 8 poin alasan PDIP tidak ikut WO di paripurna lalu. "8 poin kenapa Fraksi PDI Perjuangan menyetujui P2APBD di rapat paripurna pada 7 September," tulis Ahok, yang juga politikus PDIP itu dalam akun Instagram-nya, @basukibtp, seperti dilihat, Kamis (7/9/2020). Baca Juga: Ahok Dukung Penghapusan Premium, Harga Pertamax Turun Pak?

Sementara itu, diketahui dalam rapat paripurna, empat fraksi yaitu Golkar, PAN, NasDem, dan PSI walk out pada Senin (7/9) karena menganggap tidak ada transparansi. Baca Juga: Ahok Tak Dicopot karena Ada Kepentingan dengan China? Yang Bener?

Namun, laporan pertanggungjawaban tetap diterima DPRD DKI Jakarta. Anies menyampaikan ucapan terima kasih.

"Saya ingin sampaikan alhamdulillah tadi P2APBD sudah ditetapkan sebagai Perda dan tadi kita juga mengajukan revisi atau perubahan atas Perda pajak parkir dan penerangan jalan umum yang sudah ditetapkan," ujar Anies.

Berikut delapan poin penjelasan dari PDIP:

1) Penolakan dan persetujuan tidak relevan

Terkait P2APBD (Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD), penolakan atau persetujuan tidak relevan lagi untuk APBD yang sudah dilaksanakan.

2) Lebih kepada evaluasi dan kinerja

Selain itu, BPK telah mengeluarkan audit 2019 dengan menyatakan hasil WTP. Jadi pembahasan P2APBD 2019 lebih kepada kinerja anggaran 2019.

Ini bukan setuju atau tidak setuju, tapi persoalannya akan ditetapkan berbeda hal, antara lain adalah SiLPA yang pada waktu penetapan adalah sebuah asumsi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini