Detik-Detik Resesi, Ini Strategi Rumah Zakat

Detik-Detik Resesi, Ini Strategi Rumah Zakat Foto: Rahmat Saepulloh

Sebagai upaya menghadapi ancaman resesi ekonomi di Indonesia, Rumah Zakat meluncurkan  Kolaborasi Kebaikan yang merupakan optimalisasi dana ZISWAF melalui serangkaian program pemberdayaan. Diantaranya adalah Wakaf UMKM, Sahabat Kebaikan, hingga qurban.

Wakaf UMKM merupakan optimalisasi dana wakaf untuk membantu para pelaku UMKM dengan tetap memperhatikan aturan-aturan Syariah dari wakaf. Saat ini Rumah Zakat telah menyaluran bantuan wakaf kepada 1.204 UMKM yang tersebar di 24 kota/kabupaten. Targetnya Rumah Zakat dapat membantu 50.000 UMKM melalui dana wakaf. Baca Juga: Bantu Masyarakat Terdampak Covid, Telkomsel Gaet Rumah Zakat

"UMKM memiliki pangsa sekitar 99% atau lebih dari 60juta unit dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Dan kini ada banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Maka membantu UMKM yang merupakan tulang punggung negara sama dengan membantu perekonomian bangsa," ujar CEO Rumah Zakat Nur Efendi kepada wartawan melalui tele conference, Rabu (9/9/2020).

Sementara itu, Sahabat Kebaikan merupakan program yang sejalan dengan agenda padat karya yang diinisiasi pemerintah sebagai upaya menurunkan angka pengangguran akibat terdampak pandemi Covid-19. Melalui program Sahabat Kebaikan, Rumah Zakat mengajak masyarakat menjadi bagian dalam melakukan sosialisasi, edukasi, dan penghimpunan dana ZISWAF untuk disalurkan kepada mereka yang terdampak Covid-19 melalui program pemberdayaan.

"Berdasarkan hasil penelitian Purwanti (2020) setiap Rp1 miliar zakat yang berhasil dihimpun akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,12%. Namun dari potensi zakat nasional sebesar Rp233,8triliun, baru 4,3% yang terhimpun pada 2019 atau sekitar Rp10triliun. Adanya Sahabat Kebaikan diharapkan mampu mengoptimalkan penghimpunan dana ZISWAF sehingga kita dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini