7 Lembaga Independen Ditunjuk Erick Thohir Saring Direksi BUMN

7 Lembaga Independen Ditunjuk Erick Thohir Saring Direksi BUMN Foto: Antara/Adam Bariq

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memilih tujuh lembaga profesional atau assessment center sebagai pihak independen yang akan memberikan rekomendasi terkait pengklasifikasian talenta direksi BUMN. Keputusan itu bagian dari program Transformasi Human Capital Kementerian BUMN.

Dari 27 lembaga dan perusahaan yang mendaftarkan diri dalam proses seleksi, berdasarkan hasil evaluasi atas pemenuhan persyaratan administrasi, persyaratan teknis, dan hasil beauty contest, Kementerian BUMN menetapkan tujuh lembaga profesional penyelenggara asesmen talenta untuk direksi sejumlah badan usaha.

Baca Juga: Erick Restui Staf Ahli, Kemampuan Direksi BUMN Tanda Tanya Besar

"Kementerian BUMN telah melakukan seleksi terbuka lembaga profesional penyelenggara asesmen talenta BUMN tersebut pada 3 Juli hingga 5 Agustus 2020," tulis akun resmi @kementerianbumn dikutip pada, Rabu (9/9/2020).

Melalui lembaga profesional tersebut, pihak Erick Thohir akan menjaring calon-calon direksi perseroan pelat merah secara berkala atau berkelanjutan. Di mana, pihak assessment center sebagai pihak independen yang nantinya memberikan rekomendasi terkait pengklasifikasian talenta direksi sejumlah perseroan dan diserahkan kepada Kementerian BUMN.

"Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional, maka Kementerian BUMN telah menetapkan 5 prioritas kerja, salah satunya adalah pengembangan talenta BUMN yang siap membangun Indonesia melalui peningkatan daya saing BUMN," demikian bunyi keterangannya.

Adapun ketujuh assessment center tersebut adalah:

1. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk;

2. Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI);

3. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia;

4. PT Aneka Search Indonesia, PT Binaman Utama-PPM Manajemen;

5. PT Daya Dimensi Indonesia;

6. PT Eshael Indonesia; dan

7. PT Hay Group-Korn Ferry.

Pengumuman penetapan pemenang seleksi secara resmi disampaikan di website Kementerian BUMN.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini