Konglomerat Media Jakob Oetama Tutup Usia, Ini Rekam Jejaknya

Konglomerat Media Jakob Oetama Tutup Usia, Ini Rekam Jejaknya Kredit Foto: Twitter/asumsico

Konglomerat media, pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama meninggal dunia pada usia 88 tahun. Jakon merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia yang merupakan wartawan sekaligus salah satu pendiri Surat Kabar Kompas.

Jakob wafat mengalami gangguan multiorgan yang dikatakan oleh Dokter Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Felix Prabowo Salim. Pemakaman akan dilangsungkan pada tanggal 10 September 2020 di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca Juga: Konglomerat Sandiaga Uno Bagikan Tips Agar Usaha Tak Bangkrut

Jakob Oetama lahir di Borobudur, Magelang pada 27 September 1931 silam. Almarhum sempat menjadi seorang guru di beberapa sekolah pada periode 1952-1956 setelah lulus dari SMA. Ia juga merupakan lulusan perguruan Tinggi Publisistik Jakarta dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Setelah menjadi guru, ia pun memilih jalan sebagai wartawan hingga mendirikan jaringan media terbesar, Kompas Gramedia, bersama rekannya, PK Ojong.

Sebelum mendirikan Kompas, Jakob Oetama bersama PK Ojong, ia merupakan redaktur mingguan "Penabur". Sementara PK Ojong sebagai pemimpin redaksi mingguan "Star Weekly".

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini