Kisah Perusahaan Raksasa: ICBC, Bank Paling Berharga di Dunia

Kisah Perusahaan Raksasa: ICBC, Bank Paling Berharga di Dunia Foto: Reuters/Florence Lo

Kinerja perbankan dan asuransi China belum membaik seiring adanya kredit bermasalah dua sektor itu berada pada level tinggi sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Dampaknya, margin dan kemampuan profitabilitas perbankan menyusut. Kualitas aset di sejumlah bank kecil juga berada di bawah tekanan tahun ini sehingga risiko kredit akan terus menumpuk, mengutip laporan New York Times.

Meski begitu terlepas dari dampak wabah virus corona, kinerja kredit perbankan China pada kuartal pertama 2020 masih terjaga. Namun hal yang paling dikhawatirkan adalah modal tipis dari sejumlah bank akan lebih rentan terhadap dampak yang diakibatkan dari perlambatan ekonomi.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: AmerisourceBergen, Farmasi No 2 di AS

China kemudian mengandalkan sejumlah bank besar guna menghadapi pelemahan ekonomi tersebut. Pemerintahan Xi Jinping, dilansir Bloomberg, akan mendorong industri keuangan merelakan potensi laba bersih 211 miliar dolar AS (1,5 triliun yuan China) pada 2020 dengan menawarkan suku bunga pinjaman lebih rendah, pemotongan biaya, penundaan angsuran pembayaran pinjaman, dan memberikan lebih banyak pinjaman tanpa jaminan pada sektor usaha kecil.

Raksasa perbankan China, Industrial & Commercial Bank of China (ICBC), melakukan langkah signifikan membantu pemulihan perekonomian negara. Raksasa itu kemudian meningkatkan penyaluran pinjaman lebih dari dua kali lipat di kuartal pertama. Tapi, mereka mesti menerima permohonan penundaan pembayaran hingga 1,5 triliun yuan. 

Sejalan dengan itu, bank terbesar di China itu tengah memasuki masa yang tidak pasti pada 2020 ini. Pertama, Amerika Serikat mengancam pemberlakuan sanksi kepada bank yang bekerja dengan pejabat pemerintah China. Hal itu buruk karena dapat memutus aliran dolar-dolar AS ke ICBC. Kedua, ICBC mengalami kerugian pada Juni 2020. Laba bersih yang berhasil dibukukan sebesar 45,2 juta dolar AS itu hanya naik 0,4 persen dari periode sebelumnya.

Jika dilihat dari pendapatan tahunan, ICBC mampu mencatatkan revenue sebesar 177 juta dolar AS pada 2020 atau meningkat 4,8 persen dari tahun sebelumnya. Capaian itu kemudian membawa raksasa perbankan tersebut naik dua peringkat ke posisi 24 yang sebelumnya berada di nomor 26 daftar Global 500 milik Fortune. 

Seperti apa perjalanan ICBC menjadi bank paling berharga di dunia? Berikut ulasan Warta Ekonomi kali ini, Rabu (9/9/2020), dengan mengutip dan mengolah berbagai sumber menjadi tulisan sebagai berikut.

Perjalanan dimulai pada akhir 1970-an ketika rapat paripurna ketiga Komite Sentral ke-11 Partai Komunis China diselenggarakan. Sidang yang digelar pada Desember 1978 itu membahas percepatan reformasi sistem keuangan di negeri Tirai Bambu.

Selain membahas reformasi perekonomian, Dewan Negara secara resmi memutuskan People's Bank of China (PBC) hanya memainkan peran sebagai bank sentral yang menjadi regulator dan pembuat kebijakan moneter negara itu. Dengan demikian, ICBC, yang baru berdiri, selanjutnya akan melakukan semua tugas dan fungsi yang sebelumnya dijalani oleh PBC, antara lain melakukan kegiatan bisnis kredit dan tabungan industri komersial.

800px-HK_Tin_Hau_Electric_Road_Industrial_and_Commercial_Bank_of_China_-_ICBC_Asia.JPG

Setelah persiapan intensif, pada 1 Januari 1984, ICBC secara resmi didirikan. Langkah itu kemudian menyimbolkan pengaturan final dari sistem bank nasional khusus di China.

Sebelum menjajaki masa reformasi dan keterbukaan, China sangat mempraktikkan sistem ekonomi terencana yang sangat tersentralisasi. Sejalan dengan itu, investasi sosial dan sistem pembiayaan mulanya hanya didukung oleh keuangan pemerintah. Lalu, bank hanya memainkan peran sekunder dalam distribusi modal secara vertikal. Mengenai sistem keuangan, pada dasarnya PBC sangat mendominasi.

Karena reformasi dan keterbukaan terus diperdalam, ekonomi dan masyarakat China berkembang pesat. Pendapatan penduduk perkotaan dan perdesaan secara bertahap meningkat, sekaligus meningkatkan permintaan akan layanan keuangan.

Pada Oktober 1979, Deng Xiaoping, pemimpin reformasi China, menyatakan bahwa bank harus memainkan peran perbankan yang sebenarnya, yang membuka tirai reformasi sistem keuangan China. Sebab saat itu PBC mengambil alih fungsi ganda bank sentral dan bank khusus. Saat itu pula PBC masih terlibat dalam dua bisnis kredit industri dan komersial dan tabungan perkotaan.

Karena reformasi sistem keuangan secara bertahap diperdalam, pada 17 September 1983, Dewan Negara secara resmi mengeluarkan keputusan tentang PBC yang hanya berfungsi sebagai bank sentral. PBC tidak lagi menjalankan bisnis industri dan komersial kredit dan tabungan sehingga dapat meningkatkan manajemen terpusat dan keseimbangan modal kredit yang komprehensif dan lebih melayani pengambilan keputusan ekonomi makro.

Pada 30 Desember 1983, konferensi pelantikan ICBC diadakan di Beijing. Pejabat pimpinan dari Kementerian Keuangan, PBC, Bank of China, Agricultural Bank of China, China Construction Bank dan People’s Insurance Company of China menghadiri pertemuan tersebut.

Pembentukan ICBC adalah produk dari reformasi sistem ekonomi dan keuangan perkotaan. Perusahaan memikul misi untuk mendukung pembangunan ekonomi dan mempromosikan kemajuan teknologi dan renovasi teknis perusahaan.

Pada 1 Januari 1984, People’s Daily dan Xinhua memuat berita tentang peresmian ICBC. Sementara Economic Daily menerbitkan editorial berjudul Reformasi Penting Sistem Perbankan di tajuk halaman depan. Itu artinya pendirian ICBC adalah peristiwa besar dalam pekerjaan ekonomi China dan merupakan reformasi penting dalam sistem perbankan.

ICBC memasuki dekade pertama bank nasional khusus setelah didirikan. Perusahaan memainkan peran penting sebagai bank pembiayaan utama. Pada tahap ini, dalam menanggapi permintaan ekonomi yang tumbuh pesat, bisnis utama ICBC, termasuk deposito, pinjaman dan penyelesaian, berkembang pesat dengan ruang lingkup dan ukurannya dengan cepat meluas dan mempengaruhi ke semua sektor ekonomi nasional secara keseluruhan. Kekuatan modalnya bertambah dengan cepat dan keuntungan operasi terus ditingkatkan. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini