Kisah Orang Terkaya: Qin Yinglin, Raja Peternak Babi Asal China

Kisah Orang Terkaya: Qin Yinglin, Raja Peternak Babi Asal China Foto: Twitter/Forbes

Pengusaha asal China sekaligus peternak babi, Qin Yinglin, merupakan orang terkaya ke-43 versi Forbes. Ia tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD24,4 miliar (Rp361 triliun). Dia adalah ketua Muyuan Foodstuff yang menghasilkan uang dengan menjadi peternak babi terbesar di China.

Qin Yinglin lahir di Henan, China, yang merupakan salah satu daerah penghasil babi terbesar di dunia. Qin Yinglin belajar di Universitas Pertanian Henan dan memulai Muyuan Foodstuff bersama istrinya Quian Ying. Pasangan ini merintis usaha tersebut pada tahun 1992 dengan 22 babi.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Tadashi Yanai, Bos Uniqlo Berharta Rp470 T

Usai lulus kuliah, Qin sempat bekerja di perusahaan milik negara. Namun, tiga tahun kemudian ia kembali ke kampung halaman di Nanyang untuk menjadi peternak babi. Berawal dari 22 babi, hari ini perusahaannya menyembelih sekitar 5 juta babi pertahun.

Perusahaan Qin mendisinfeksi truk, mensterilkan pakan ternak, dan menyaring udara di peternakannya untuk mencegah penyebaran flu babi Afrika. Hingga kini, tidak ada vaksin untuk penyakit babi yang fatal itu. Namun, flu babi Afrika bukanlah ancaman bagi manusia.

Penyakit yang belum ada vaksinnya yang disetujui ini bisa berakibat fatal bagi babi tetapi tidak mempengaruhi kesehatan manusia.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini