Bukan Bill Gates, Ini Miliarder yang Paling Banyak Beramal!

Bukan Bill Gates, Ini Miliarder yang Paling Banyak Beramal! Foto: Reuters/Arnd Wiegmann

Baru-baru ini, Forbes 400 List mengungkap para miliarder yang rajin beramal. Menurut data tersebut, bukan miliarder Bill Gates yang menjadi pemenang dalam filantropi, melainkan miliarder Warren Buffet.

Buffet yang sukses berkat perusahaannya Berkshire Hathaway, dipekirakan Forbes telah menyumbang USD40 miliar (Rp592 triliun) dari kekayaannya yang saat ini mencapai USD73,5 miliar (Rp1.088 triliun). Buffet telah memberikan uangnya ke organisasi nirlaba, terutama melalui yayasan teman lama Bill dan Melinda Gates.

Baca Juga: Jeff Bezos Betah di Kursi Miliarder No. 1, Nasib Trump Ambyar!

Namun, jika diukur sebagai persentase dari kekayaan bersih, miliarder yang paling dermawan adalah manajer hedge fund terkenal, George Soros, yang telah menyumbangkan 64% dari kekayaan aslinya. 

Penduduk asli Hongaria ini sekarang bernilai sekitar USD8,6 miliar (Rp127 triliun) dan telah mendistribusikan lebih dari USD15 miliar (Rp222 triliun) kepada organisasi nirlaba melalui Open Society Foundations, jaringan pemberi hibah internasional yang mendukung memajukan keadilan, pendidikan, kesehatan publik, dan media independen.

Meskipun 74 miliarder di The Forbes 400 telah menandatangani Giving Pledge yaitu janji untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk amal.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini