Pengurangan Tentara AS di Irak Jadi Strategi Trump Berikutnya

Pengurangan Tentara AS di Irak Jadi Strategi Trump Berikutnya Foto: Antara/Leah Millis

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengumumkan pengurangan lebih lanjut pasukan AS dari Irak pada Rabu (9/9/2020).

Pengumuman itu akan diikuti dengan pengumuman lagi pada beberapa hari mendatang untuk pengurangan pasukan AS di Afghanistan.

Baca Juga: Jeff Bezos Betah di Kursi Miliarder No. 1, Nasib Trump Ambyar!

Keputusan itu dibuat saat Trump menghadapi kritik dari laporan bahwa dia membuat pernyataan kontroversial terkait korban tewas pasukan AS dalam perang.

Trump saat ini bersaing ketat dengan Joe Biden dalam sejumlah survei menjelang pemilu presiden 3 November. Pengumumannya diduga untuk meyakinkan pemilih bahwa dia menjalankan janji-janjinya untuk mengakhiri perang tanpa akhir oleh AS.

AS memiliki sekitar 5.200 pasukan yang dikerahkan di Irak untuk memerangi grup militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). 

Pejabat AS menjelaskan bulan lalu bahwa AS akan mengurangi jumlah pasukan di Irak sekitar sepertiga dalam beberapa bulan mendatang. 

AS saat ini memiliki sekitar 8.600 pasukan di Afghanistan. Saat wawancara, Trump menjelaskan AS berencana mengurangi jumlahnya menjadi sekitar 4.000 pasukan.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini