Kan Main, Internet Telkomsel Paling Stabil di 382 Kota/Kabupaten

Kan Main, Internet Telkomsel Paling Stabil di 382 Kota/Kabupaten Foto: Telkomsel

Pemberian kuota internet oleh Kemendikbud kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen diminta memperhatikan cakupan layanan operator seluler dan kualitas jaringannya, terutama kecepatan download, upload, agar proses belajar lancar. Sebagai referensi kualitas sinyal operator bisa merujuk laporan Opensignal maupun melalui aplikasi Speedtest oleh Ookla yang dapat diakses publik secara bebas dan realtime.  

Berdasar data SpeedTest/Ookla per Juli 2020 yang dikompilasi, yang diterima, Rabu (9/9/2020), dimana data tersebut bisa diakses publik, Telkomsel memilki jaringan dan kecepatan internet lebih stabil, merata, di hampir semua daerah. Dimana pada pada pengukuran download, Telkomsel unggul sebagai operator nomor 1 di 382 Kota/kabupaten, lalu sebagai operator nomor 2 di 98 kota/kabupaten, lalu sebagai operator nomor 3 di 14 kabupaten kota. Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Promo Khusus di Sumatera

Telkomsel memang ada beberapa yang masuk diperingkat 2 dan 3, namun lebih menandakan banyaknya pelanggan yang dimiliki atau bisa juga operator yang peringkatnya 1 di lokasi yang sama dengan Telkomsel, kalah jumlah pelangganya sedikit sehingga speednya masih berlimpah. Ini wajar mengingat prinsip internet yang berbagi, makin banyak pengguna kecepatan cenderung turun. 

Sementara merujuk pada laporan Opensignal pada Juli 2020 lalu, Telkomsel menempati urutan pertama sebagai operator dengan cakupan 4G terluas di Tanah Air. Pada Skala 0 -10, Telkomsel mengantongi nilai 8,1. 

Opensignal menyebutkan dengan skor yang dikantongi tersebut berarti masyarakat dapat menemukan sinyal 4G Telkomsel di lebih banyak lokasi dibandingkan dengan pengguna operator lainnya. Adapun urutan XL Axiata dan Indosat masing-masing memiliki skor 6,0 dan 5,8. Lalu, Smartfren dan Tri tertinggal jauh dengan skor keduanya yang masih berada di bawah 5 poin.

Masih dalam laporan yang sama, cakupan luas jaringan Telkomsel ternyata juga diimbangi oleh pengalaman menonton video streaming dengan kategori terbaik. Telkomsel mengantongi skor 62.9 (dari 100). Sementara itu, XL, Indosat dan Tri memiliki skor 54.4, 53.1, dan 52.8. Laporan Opensignal menobatkan Smartfren sebagai operator ddengan kualitas tonton video streaming terburuk dengan skor 34.4.

Sementara kecepatan unduh, rata-rata pengguna Telkomsel merasakan kecepatan unduh tercepat sebesar 13,1 Mbps di Indonesia. Skor kemenangannya 3,8 Mbps lebih cepat dari pesaing terdekatnya, XL, dan lebih dari tiga kali lipat lebih cepat dari Smartfren di posisi terakhir. Pada skor Pengalaman Kecepatan Unduhan 4G: Telkomsel mencapai skor tertinggi — 14,8 Mbps — XL di peringkat kedua dengan skor 10,7Mbps, diikuti dengan Indosat, 3 dan Smartfren dengan skor 9,4 Mbps, 7,9Mbps, dan 4,3 Mbps.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini