5.000 Rumah Baru Siap Dibangun Israel di Tepi Barat

5.000 Rumah Baru Siap Dibangun Israel di Tepi Barat Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Benny Gantz akan menyetujui 5.000 unit pemukiman baru di Tepi Barat. Menurut televisi Israel, Channel 12, Gantz ingin Dewan Tinggi Perencanaan bertemu pekan ini untuk menyetujui rencana konstruksi permukiman Yahudi.

Gantz juga mengirim surat pada Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu yang memintanya mengumpulkan komite Dewan Tinggi Perencanaan yang merupakan sayap sipil Kementerian Pertahanan di wilayah pendudukan.

Baca Juga: Mulai 22 September, UEA-Israel Tanda Tangani Perjanjian...

Laporan Chanel 12 tidak menyebut sumber tapi menyebutkan bahwa rencana ini akan memperluas blok pemukiman utama, sekitar enam bulan setelah penghentian konstruksi pemukiman.

Pengamat menduga Gantz menggunakan manuver ini untuk mempermalukan Netanyahu karena Dewan Tinggi Perencanaan tidak bertemu selama lebih dari enam bulan. 

“Jika Netanyahu tidak mengumpulkan Dewan Tinggi Perencanaan, dia akan disalahkan,” ungkap laporan televisi itu. 

Netanyahu dan Gantz sepakat membuat kesepakatan pembagian kekuasaan setelah Israel terancam menggelar pemilu keempat dalam dua tahun akibat perselisihan dalam pemerintahan koalisi.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini